Detail Slideshow


25 Tahun Produksi, Tambang Emas Pongkor Mulai Pensiun

Jakarta – 25 tahun berproduksi, penambangan emas di Pongkor mulai mendekati usia pensiunnya. Tidak disangka-sangka pada beberapa tahun silam ini, Tambang Emas Pongkor memulai inisiasi mereka untuk menjadi salah satu bagian dari Geopark Bogor. Geosite Underground Pongkor merupakan Museum Underground Mining yang akan menjadi salah satu pelengkap komponen geodiversitas untuk Geopark Bogor.

Pada 30 November 2018, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, telah meresmikan Geopark Bogor melalui penandatangan pada prasasti sebagai salah satu geopark nasional.

“Geopark adalah sebuah konsep terpadu dalam memanfaatkan kekayaan alam baik geologi atau hayati. Termasuk juga budaya yang jadi nilai plus pengembangan geopark,” ujar Deputi Kemaritiman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Agustina Urbaningrum.

Pengembangan fasilitas untuk para wisatawan sudah dimulai. Fasilitas Museum Underground Mining Pongkor sudah terbentuk dimana terdapat area yang cukup luas untuk menampung pengunjung yang akan datang di aktivitas mendatang. Para wisatawan akan dimanjakan dengan indahnya bentang alam Gunung Pongkor dan tentunya pengalaman unik menjelajahi tambang bawah tanah.

Tak hanya memanjakan mata, Geosite Pongkor juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai asal muasal dan penambangan bijih emas. Pengunjung diajak untuk mengenal lebih jauh mengenai emas.

Saat ini Tambang Emas Pongkor masih beroperasi sampai dengan 2020 dan memasuki tahap pasca pertambangan pada tahun 2021.

(FPL)