Micromine Datang Untuk Pelajar Geologi dan Tambang Melalui Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia



Jakarta – Telah terlaksana penandatangan MoU ALS (Academic License Scheme) software Micromine dengan Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI). ALS merupakan program yang diusung oleh Micromine sebagai salah satu langkah integrasi antar akademis, industri, asosiasi profesi dan pemerintah. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan insan – insan pekerja tambang untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam memberikan kemudahan pertambangan di masa depan nanti. Selain itu, MGEI melalui divisi Pengembangan Profesi memiliki visi untuk bisa memberikan ilmu praktis dalam pengelohan software selain ilmu dasar geologi seperti pemetaan.

Kerjasama ini dilakukan dengan penandatanganan antar pihak Micromine yang diwakili oleh Sahrul Hidayat (Regional Manager Micromine Indonesia) dan STJ Budi Santoso (Ketua MGEI), dimana turut hadir Ivan Zelina (Chief Technology Officer) dari Micromine sebagai saksi.

Dalam isi kerjasama yang dilakukan, Micromine akan memberikan 50 dongle software Micromine dimana tiap dongle nya memilki harga investasi hingga ratusan juta rupiah untuk keperluan pengembangan akademik di Indonesia. Mengutip pernyataan yang disampaikan oleh Sahrul. “…Misi program ALS adalah menyiapkan talen muda di Indonesia dan merupakan bentuk program sosial”

Sahrul menambahkan, Indonesia memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan software Micromine, kontribusi Indonesia khususnya dalam bidang pertambangan membuat kantor cabang Micromine di Indonesia membawahi sektor regional di Asia Tenggara. Diharapkan ke depan, talen – talen muda Indonesia dapat menerima obor estafet ini dan melanjutkan pengembangan Micromine.

Dengan perkembangan teknologi, masa depan tambang masih terjamin dengan penggalian bahan untuk keperluan beberapa industri. Budi pada closing statementnya menyampaikan bahwa di kedepan pertambangan masih “eksis” dengan adanya demand baru terhadap metal, seperti nikel dan kobalt. Nikel dan kobalt digunakan sebagai bahan baku dari pembuatan bahan – bahan elektronik seperti baterai, campuran stainless, dll.

Program ALS diharapkan mahasiswa dapat memiliki persiapan lebih baik lagi untuk pengoperasian software tambang. Langkah pengintegrasian software Micromine ini juga diharapkan dapat menyiptakan spirit mutual benefit.

(FPL)