Forum


user image Forum di buka pada tanggal 2019-08-09

duniatambang.co.id – Banyak yang mencari tahu lokasi calon ibu kota yang sampai saat ini masih menjadi teka-teki. Pemeritah masih enggan membocorkan lokasi ibu kota. Namun, banyak yang menduga bahwa lokasi ibu kota akan berada di Pulau Kalimantan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sempat menyinggung lokasi ibu kota baru akan bertetangga dengan lokasi tambang. Hal tersebut tidak sengaja dikatakan oleh Basuki ketika menghadiri acara Dialog Nasional ke-3 terkait Pemindahan Ibu kota Negara di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Yang perlu diperhatikan adalah rencana kualitas airnya, karena di sana banyak tambang-tambang," ujar Basuki pada acara tersebut.

Namun, Basuki juga belum dapat memastikan lokasi detail calon ibu kota sangat dekat atau jauh dengan lokasi tambang. Jika lokasi calon ibu kota dekat dengan lokasi tambang, maka sangat diperlukan analisis karakteristik lokasi tambang yang nantinya akan berdampingan dengan ibu kota.

Baca juga:  Mengingat Lagi Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan dan Pengaruhnya Terhadap Pertambangan

Pulau Kalimantan merupakan pusat pertambangan terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, banyak lubang-lubang bekas tambang yang jika tidak direklamasi akan sangat membahayakan. Selain itu, lokasi tambang banyak menyimpan timbunan overburden yang sangat rentan menyebabkan erosi.

Aktivitas penambangan tidak luput dari pembongkaran tanah penutup yang rentan menyebabkan kesuburan tanah menjadi terganggu. Kemudian, limbah air asam tambang dapat mencemari lingkungan.

Alat- alat pada aktivitas penambangan dapat menyebabkan kebisingan. Hilir mudik alat-alat berat ini menimbulkan debu terbang yang dapat mengganggu kesehatan.

Apabila benar lokasi ibu kota akan dekat dengan lokasi tambang, diperlukan peran geologi lingkungan sehingga aktivitas di ibu kota baru nanti akan nyaman, bersih, dan tertata.

Sejauh ini, pemerintah mengkaji dua tempat untuk dijadikan ibu kota baru, yaitu Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Namun, belum ada kejelasan lokasi rinci yang akan dipilih.

 

(MS)


0 Tanggapan
9 View
Rating 0/10

Belum ada jawaban untuk Forum ini

Silakan Login untuk memberikan jawaban.

Kunjungi web Advertising kami !