Forum


user image Forum di buka pada tanggal 2019-07-16

dunitambang.co.id – Menjelang 2025 mendatang, ada 7 pemegang PKP2B yang akan habis kontrak. Salah satu pemegang PKP2B yang telah berhenti operasi yaitu PT Tanito Harum akibat pembatalan perpanjangan IUPK.  6 PKP2B masih menunggu revisi ke-6 PP Nomor 23 Tahun 2010 yang belum memiliki tanda-tanda untuk diresmikan. Untuk mengatasi kekosongan hukum, sejumlah pakar menilai perlu adanya tindakan tegas dari pemerintah salahnya satunya dengan melalui diskresi presiden.

Baca Juga: Merana!!! IUPK Batal Diperpanjang, PT Tanito Harum Berujung PHK Karyawan

Diskresi merupakan keputusan yang ditetapkan oleh pejabat pemerintahan untuk mengatasi persoalan konkret yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam hal peraturan perundang-undangan. Di dalamnya yang memberikan pilihan, tidak mengatur, tidak lengkap atau tidak jelas, atau adanya stagnasi pemerintahan. Penggunaaan diskresi harus oleh pejabat yang berwenang dan sesuai dengan tujuannya.

Dengan adanya diskresi, dapat menjadi langkah konkret menyelesaikan permasalahan revisi ke-6 PP 23/2010 yang saat ini mangkir. Diskresi dibuat dengan menerbitkan Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) mengenai minerba. Perppu ditetapkan karena keadaan genting yang memaksa Perppu tersebut harus dikeluarkan.

Perppu tentang minerba ini menjadi jalan tengah UU Nomor 4 Tahun 2009 yang tidak selaras dengan turunannya yaitu PP Nomor 23 Tahun 2010. Kedua regulasi tersebut terdapat perbedaan penafsiran yang saat masih menjadi perdebatan.

Tidak hanya pemegang PKP2B yang menunggu kepastian, namun juga PT PLN (Persero) yang mayoritas pasokan batubara berasal dari 7 pemegang PKP2B yang akan habis kontrak itu. Bila operasi tambang terganggu maka imbasnya ke pasokan listrik yang tidak stabil. Akibatnya, harga listrik bisa saja melambung tinggi yang pada akhirnya akan berimbas kepada masyarakat yang merasakan dampaknya.

Menurut Sobat apa solusi untuk revisi PP 23/2010 ini yang saat masih belum diresmikan, sementara pemegang PKP2B butuh kepastian?

 

(MS)


0 Tanggapan
8 View
Rating 0/10

Belum ada jawaban untuk Forum ini

Silakan Login untuk memberikan jawaban.

Kunjungi web Advertising kami !