Forum


user image Forum di buka pada tanggal 2019-07-04

duniatambang.co.id - Permintaan terhadap alat berat semakin tinggi. Terutama pada bidang konstruksi dan pertambangan. Dengan hadirnya alat berat sangat memudahkan pekerjaan manusia dalam menjalankan tugasnya. Di industri pertambangan, alat berat bermacam-macam menurut kegunaannya, mulai dari alat gali muat, alat angkut, pengompak tanah, penghancur batuan, dan lain sebagainya.

Baca jugaTantangan Smart mining di lapangan, Masa depan pertambangan?

Alat berat pada umumnya diproduksi oleh perusahaan besar. Beberapa merek dagang alat berat yang disering digunakan pada pekerjaan penambangan di Indoenesia adalah sebagai berikut.

1. Caterpillar Inc.

Melalui website www.tiaramarga.co.id dijelaskan, PT Trakindo Utama sebagai anak perusahaan Tiara Marga Trakindo (TMT Group) berdiri pada tahun 1970. PT Trakindo Utama sebagai dealer resmi merek dagang Caterpillar asal USA. TMT didirikan dengan komitmen untuk menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Berdasarkan pada www.caterpillar.com,  Caterpillar Inc. merupakan produsen alat berat yang terkemuka di dunia. Caterpillar memproduksi alat-alat berat terutama peralatan konstruksi, peralatan pertambangan Tiga  segmen utama operasi Caterpillar adalah  industri konstruksi, industri sumber daya mineral dan energi  serta transportasi.  Caterpillar telah membuat pengembangan kemajuan produknya ke berbagai benua selama lebih dari 90 tahun. Pada tahun 2018,  penjualan dan pendapatan 2018 Caterpillar sebesar $ 54,7 miliar.

2. Komatsu Indonesia

Komatsu Indonesia didirikan oleh PT Komatsu Ltd. Di Jepang dan  PT United Tractors yang merupakan distributor resmi produk Komatsu di Indonesia. Dengan perkembangan infrastruktur yang sedang berkembang di Indonesia, Komatsu memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadi penyedia alat berat yang banyak diminati. Di lingkup Asia Tenggara, Komatsu Indonesia menjadi penyedia alat berat tersohor dengan memanfaatkan letak Indonesia yang strategis.

Komatsu Indonesia sebagai salah satu basis produksi Global Komatsu memiliki kelebihan dengan adanya fasilitas produksi terintegrasi yang terdiri dari pabrik, mesin lengkap, dan komponen. Situs perusahaan Komatsu Indonesia seluas 20,26 hektar di kawasan industri Cakung dan 5,94 hektar di pabrik Cibitung yang didapatkan dari www.komi.co.id. Saat ini, Komatsu Indonesia tmenjadi mitra yang dapat diandalkan di Indonesia dalam bisnis Pertambangan, Kehutanan, Agro, dan Konstruksi.

3. Hitachi Construction Machinery Co., Ltd

Hitachi Construction Machinery Co., Ltd. (HCM) berkantor pusat di Jepang. HCM merupakan produsen alat berat kontruksi dan alat berat pertambangan. Grup Hitachi didirikan pada tahun 1910 oleh Namihei Odaira, seorang insinyur listrik asal Jepang. Hitachi memasarkan produknya melalui jaringan global ke seluruh dunia.

HCM memproduksi ekskavator hidrolik berbagai ukuran mulai dari yang terkecil hingga terbesar, truk dan berbagai macam wheel loader. Hitachi kini berkembag menjadi perusahaan yang besar dan terhormat. Saat ini, Hitachi memiliki lebih dari 320.000 karyawan di seluruh dunia yang dikutip dari website www.hexindo-tbk.com.

4. Volvo Construction Equipment-Volvo CE

Pada www.volvoce.com, Volvo merupakan produsen internasional terkemuka peralatan konstruksi premium yang berinovasi lebih dari 180 tahun. Jumlah karyawan Volvo mencapai lebih dari 14.000.

Volvo berkantor pusat di Gothenburg. Volvo memiliki mesin yang lengkap dan tepat untuk semua pekerjaan. Peralatan yang diproduksi Volvo termasuk wheel loader, articulated haulers, excavator pemadat tanah dan aspal, peralatan kompak, dan peralatan penanganan material. Volvo bekerja sama dengan para pelanggan untuk mengubah keyakinan menjadi kenyataan.

5. Doosan Infracore Co, Ltd

Doosan Infracore merupakan salah satu anak perusahaan Doosan Group yang bergerak pada mesin konstruksi. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1896. Pada saat ini banyak tenaga kerja yang diserap oleh perusahaan ini mencapai 41.400 karyawan yang tersebar di 38 negara menurut informasi dari www.doosaninfracore.com.

Doosan Infracore adalah produsen alat berat asal Korea. Dengan menyediakan produk dan layanan yang berbeda Doosan Infracore percaya diri untuk menciptakan perusahaan global yang kokoh. Merek-merek Doosan Infracore mewakili sejarah kebanggaan Doosan hingga diakui secara global.

 

Apakah di perusahaan menggunakan 5 merek alat berat tersebut? atau Sobat mempunyai pandangan lain terkait alat berat yang laku keras di Indonesia selain dari yang kami sebutkan? Mari coret-coret dan berdiskusi di bawah ini. Tuliskan komentar Sobat. 

 

(MS)


3 Tanggapan
2930 View
Rating 3/10
user image Jawaban pada tanggal 2019-07-08

Lebih baik tanyakan ke Operator nya..

user image Jawaban pada tanggal 2019-07-07

Reply to

kalo yg paling baik produk nya yg mana min?..hhehe


Caterpilar tahan di cuaca extrem...nyaman jg makenya......

user image Jawaban pada tanggal 2019-07-05

kalo yg paling baik produk nya yg mana min?..hhehe