Forum


user image Forum di buka pada tanggal 2019-09-20

Bagaimana caranya agar kita sebagai mahasiswa yang masih sangat kurang pengalaman bisa dapat berkompeten didalam dunia kerja?




2 Tanggapan
318 View
Rating 0/10
user image Jawaban pada tanggal 2019-10-08

Reply to

Sangat penting bagi mahasiswa memikirkan apa yang menjadi kekurangan mereka pada saat masih berad


Sepakat dengan pendapat Sobat Ocky.

user image Jawaban pada tanggal 2019-09-20

Sangat penting bagi mahasiswa memikirkan apa yang menjadi kekurangan mereka pada saat masih berada di bangku pendidikan dalam hal ini jenjang kampus. Dunia perkuliahan merupakan ranah yang tepat untuk menambah khasanah ke ilmuan. Mungkin ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambah khasanh keilmuan :
1. Mengikuti Kegiatan Organisasi Kampus

Kegiatan berorganisasi melatih kita untuk berkomunikasi dengan orang lain yang memiliki background yang berbeda dengan kita dan cara pandang yang juga berbeda, hal ini sangat penting ketika kita lulus, dikarenakan kemampuan berkomunikasi sangatlah penting. Organisasi juga menumbuhkan sikap kepemimpinana ketika kita ditugaskan atau diberikan amanah untuk memimpin sebuah organisasi ataupun kelompok kecil, Kepemimpinan juga sangata penting ketika kita akan menginjak ke dunia pekerjaan, terutama untuk para lulusan sarjana dikarenakan kita akan menjadi seorang pemimpin ataupun memiliki anggota yang akan dipimpin.

2. Mengikuti Kegiatan seminar atau workshop keilmuan
setiap kampus biasanya terdapat acara ataupun semacam seminar dan workshop terkait bidang keimuan masing masing. Hal ini dapat dijadikan sumber ilmu baru yang dapat di akan berguna ketika memamsuki dunia kerja. 

3. Kerja Praktek
Hal terbaik untuk merasakan bagaimana kerja sesungguhnya dan ilmu apa saja yang akan digunakan didunia kerja adalah dengan cara mengikuti kerja praktik sesuai bidang keilmuan sehingga kita dapat menakar sejauh mana kemampuan kita, dan hal-hal yang kurang dapat kita penuhi selagi kita menjadi mahasiswa. Kerja praktik juga berguna ketika kita melamar kerja dan pengalaman yang kita dapatkan selama kerja praktik dapat menjadi bekal bagi kita.

4. Mengikuti sertifikasi
Sertifikasi merupakan hal yang sangat penting dimiliki seseorang untuk dikatakan kompeten pada suatu bidang. namun tidak semua sertifikasi dapat dimiliki oleh mahasiswa diakrenakan terdapat persyaratan pengalaman dsb. Ada beberapa sertifikasi yang dapat dimiliki tanpa harus memiliki pengalaman sepert AK3Umum, namun biaya yang dikeluarkan cukup mahal.

Mungkin sekian sharing dari saya

Tks
Ocky PR