Forum


user image Forum di buka pada tanggal 2020-06-07

*Daftarkan diri anda segera, terbuka untuk umum!*


Webinar: *SIMON BAGEOL, Solusi Efisiensi Monitoring Bahaya Kegeologian dan Lingkungan di Tengah Pandemi Covid-19*


Puslitbang Tekmira telah melakukan pengembangan sistem peringatan dini yang bekerja secara cepat, akurat dan aktual serta terintegrasi terhadap bahaya geologi dan lingkungan di sekitar wilayah pertambangan, yang dikenal dengan Sistem Monitoring dan Peringatan Dini Bahaya Kegeologian dan Lingkungan (SIMON BAGEOL). 

Dalam Webinar ini, akan dijelaskan secara lebih detail tentang inovasi teknologi, manfaat dan implementasi SIMON BAGEOL di wilayah pertambangan. 


Webinar akan dilaksanakan pada hari *Selasa, 9 Juni 2020 jam 09.00 sd 11.00 WIB.*


Segera daftarkan diri anda melalui link berikut ini:

https://bit.ly/webinarSimonBageol


Profil SIMON BAGEOL

Puslitbang Tekmira KESDM telah mengembangkan Sistem Monitoring dan Peringatan Dini Bahaya Kegeologian dan Lingkungan (SIMON BAGEOL), yaitu sistem peringatan dini yang bekerja secara cepat, akurat dan aktual serta terintergrasi terhadap bahaya geologi dan lingkungan di sekitar wilayah pertambangan.

SIMON BAGEOL merupakan merupakan salah satu prototipe IMS system yang dikembangkan sejak tahun 2005 dengan cikal bakalnya dalam bentuk deteksi dini kelongsoran lereng tambang secara telemetri, kemudian dilanjutkan dengan mengembangkan sistem pemantauan kualitas air tambang dan sistem monitoring terpusat untuk sistem drainase, ventilasi tambang dan amblesan (subsidence) pada tambang batubara bawah tanah. Prototipe IMS System untuk pertama kalinya diuji coba selama satu tahun di Berau (2005), PT Fajar Bumi Sakti (2007) dan lebih dari 7 (tujuh) tahun, sejak tahun 2007 sampai dengan 2014 di tambang batubara bawah tanah Sawah Luhung, Sawahlunto-Ombilin, Sumatera Barat. Pada masa ujicoba ini telah banyak dilakukan perbaikan dan penyempurnaan fitur dan fungsi sistem secara keseluruhan. Sistem ini dapat digunakan untuk memantau kualitas air (misalnya pH, TSS, ketinggian level muka air, debit aliran air, dissolved oxygen, conductivity dan temperatur), kondisi kestabilan lingkungan tambang (lereng tambang dan jalan tambang) serta kualitas kelembaban udara. Pelaksanaan monitoring kualitas air, kestabilan lingkungan dan udara tambang.

SIMON BAGEOL juga dilengkapi fasilitas peringatan dini bahaya kegeologian yang dapat pantau oleh secara langsung oleh stakeholder guna mempercepat pengambilan keputusan dan tindakan pencegahan atas parameter yang melampaui baku mutu. Selain untuk peringatan dini bahaya kegeologian, inovasi ini juga bertujuan membantu perusahaan menerapkan Permen No.P.93/MENLHK/SETJEN/KUM.1/8/2018 Tentang Pemantauan Kualitas Air Secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan atau yang disingkat SPARING.

SIMON BAGEOL telah dipatenkan dengan nomor IDP000044650 pada 2014 dan juga pernah mendapatkan penghargaan dari Business Inovation Center, 102 Inovasi Indonesia pada tahun 2010, juga diikutsertakan dalam Sistem inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral, untuk kategori inovasi: Pelindungan dan Pelestarian Lingkungan Hidup.



0 Tanggapan
Rating 0/10

Belum ada jawaban untuk Forum ini

Silakan Login untuk memberikan jawaban.

Kunjungi web Advertising kami !