Detail Berita


Molor Lagi, Divestasi Saham Vale Dijadwalkan Akhir Juni Mendatang


"Ilustrasi uang koin"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 01-06-2020

duniatambang.co.id - Divestasi 20% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) oleh holding perusahaan BUMN pertambangan yaitu Mining Industry Indonesia (MIND ID) dijawalkan akan memasuki babak baru yaitu penandatanganan perjanjian-perjanjian definitif. Dimana perjanjian definitif tersebut meliputi Conditional Share Purchase Agreement (CSPA), Shareholder Agreement dan Offtaker Agreement.

Agenda penandatangan perjanjian tersebut memang sempat beberapa kali mengalami pengunduran jadwal. Sebelumnya, INCO dan MIND menjadwalkan dapat melangsungkan penandatanganan tersebut pada 20 Desember 2019. Lalu, agenda tersebut harus molor dan dijadwalkan akan rampung di kuartal I 2020. Setelah itu, melansir data dari laporan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) tertanggal 31 Maret 2020 INCO dan MIND ID kembali menjadwalkan penandatanganan tersebut pada akhir Mei 2020.  

Namun lantaran tersendat adanya pandemi covid-19 yang salah satunya menyebabkan tidak stabilnya harga saham, penandatangan perjanjian definitif ini harus kembali molor. MIND ID, INCO serta para pemegang saham yang meliputi Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd., sepakat untuk menunda agenda tersebut hingga Juni 2020 mendatang.

Chief Financial Officer INCO Bernardus Irmanto pun menjelaskan bahwa semua pihak memang berkomitmen untuk menyelesaikan penandatanganan perjanjian ini. Namun, kedua belah pihak pun tidak menapik adanya pandemi ini merupakan suatu tantangan tersendiri. Bernardus pun menegaskan bahwa syarat-syarat dan ketentuan yang ada pada perjanjian pendahuluan yang telah ditandatangani pada 11 Oktober 2019 silam tetap akan berlaku penuh dan tidak mengalami perubahan. Perubahan hanya terjadi pada waktu pelaksanaaan.

Lebih lanjut, Bernardus  mengatakan bahwa penundaan ini dapat menjadi momentum yang bisa dimanfaatkan kedua belah pihak untuk melengkapi dokumentasi perjanjian. Baik INCO maupun MIND ID berharap penyelesaian penandatanganan ini dapat segera terealisasi dengan baik.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !