Detail Berita


Wah Dua Kursi Dirjen di Kementerian ESDM Masih Kosong


"Gedung Kementerian ESDM"
Sumber gambar: investor.id


Tanggal terbit: 29-05-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Arifin Tasrif kini masih menyisakan kursi kosong pada dua jabatan strategis yaitu Dirjen Migas dan Dirjen Minerba. Hal ini sempat mendapat sorotan dari berbagai pihak. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kini akan mengadakan seleksi terbuka untuk jabatan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) dan untuk posisi Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba). 

Sebagai informasi, kedua jabatan tersebut memang tengah kosong dimana posisi Dirjen Minerba kosong setelah Bambang Gatot Ariyono pensiun pada awal Mei 2020 sedangkan posisi Dirjen Migas kosong sejak Juli 2019 setelah Djoko Siswanto dipercaya menduduki kursi Sekjen Dewan Energi Nasional (DEN). Lalu, posisi tersebut diisi oleh Plt Dirjen Migas yaitu Ego Syahrial yang merupakan Sekjen Kementerian ESDM. Hal tersebut membuat Ego harus merangkap jabatan.

Kini, untuk kursi Dirjen Minerba sudah terdapat beberapa nama yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, seperti Agung Pribadi yang saat ini menduduki jabatan sebagai Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama. Lalu, Mohammad Priharto Dwinugroho Kepala PPSDM Geominerba, Ridwan Djamaluddin Deputi Bidang Koordiniasi Infrastruktur dan Transparan Kemenko Maritim dan Investasi,  Yohannes Yudi Prabangkara Asisten Deputi Industri Pendukung Infrastuktur, Sujatmiko Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara dan kandidat terakhir yaitu Yunus Saefulhak Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral.

Sedangkan untuk posisi Dirjen Migas, ESDM kini tengah membuka kesempatan melalui seleksi terbuka kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non-PNS. Hal tersebut sesuai dengan pengumuman Nomor 17.Pm/72/SJN.P/2020 tanggal 27 Mei 2020 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial. Dimana nantinya kandidat dapat melakukan pendaftaran melalui website Kementerian ESDM www.esdm.go.id.  Adapun untuk seleksi administrasi dijadwalkan pada 19 Juni 2020, disusul dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 22 Juni 2020, penulisan makalah 23 Juni 2020, penilaian 24 Juni 2020, dan wawancara rekam jejak tanggal 8 Juli 2020.

Publik pun masih harus menunggu, siapa nantinya yang akan menduduki jabatan strategis sebagai Dirjen Minerba dan Dirjen Migas?

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !