Detail Berita


Gelar Rights issue, Bumi Resources Minerals Akan Lunasi Hutang


"Ilustrasi pergerakan saham"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 28-05-2020

duniatambang.co.id - PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) sebagai salah satu perusahaan tambang emas tengah berencana untuk menggelar rights issue atau penambahan modal perusahaan tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). BRMS sendiri pada Senin 18 Mei 2020 lalu, sudah menyampaikan rencana rights issue tersebut kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Rights issue tersebut rencananya akan digunakan untuk pelunasan hutang. Director & Investor Relations BRMS Herwin Hidayat mengatakan bahwa BRMS nantinya akan menerbitkan 14.591.308.925 saham baru (seri B) dengan harga Rp 50 per saham. Dimana seluruh saham tersebut akan diambil oleh salah satu kreditur BRMS yaitu Wexler Capital Pte. Ltd melalui transaksi konversi utang menjadi saham. Dengan adanya transaksi tersebut maka BRMS telah melunasi hutang kepada kreditur sebesar US$ 52 juta atau sekitar Rp 729 miliar.

Dengan adanya kegiatan penambahan modal perusahaan tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue ini, BRMS akan memperoleh sejumlah dampak positif seperti neraca BRMS akan menunjukkan penurunan utang sebesar US$ 52 juta dan peningkatan ekuitas dimana nantinya akan terjadi perbaikan rasio utang terhadap ekuitas menjadi 0,1 kali setelah transaksi dari sebelumnya 0,21 kali.

Selain itu, BRMS juga akan mengalami perbaikan likuiditas dimana nantinya perusahaan akan mendapat kesempatan untuk mengoptimalkan struktur permodalannya dan pendanaan usahanya dimasa mendatang.

Untuk melaksanakan rencana tersebut, BRMS masih harus menunggu persetujuan dari para pemegang saham. Oleh sebab itu, BRMS terlebih dahulu akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang dijadwalkan pada 24 Juni 2020 mendatang.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !