Detail Berita


Bantu Tangani Corona, Litbang ESDM Luncurkan Alat Resusitatir


"Ilustrasi Virus"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 27-05-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan inovasi terbaru yaitu powered emergency resuscitator yang diberi nama ViCE Z-Axis.  Sebelumnya, Kementrian ESDM memang terus mengambil andil dalam upaya penanganan pandemi covid-19 dengan melakukan berbagai inovasi seperi Bilik Sterilisasi dan Anti Septik (BiSA) dan Sentong Sterilisasi dan Anti Septik (SERITI) serta produksi cairan sanitasi.

ESDM pun mengatakan bahwa inovasi dan produk yang dikembangkannya sudah sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Untuk inovasi terbaru milik ESDM berupa ViCE Z-Axis merupakan alat bantu pernapasan yang dibutuhkan oleh penderita virus Corona. Alat tersebut sudah dilakukan uji klinis oleh Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan Jakarta pada 18 Mei 2020. Pengujian alat tersebut disesuaikan dengan persyaratan Metode Uji Produk Resusitator Emergensi BPFK Jakarta No MK-UPK/BPFKJ/61/RS/0.

Alat inovasi litbang ESDM telah melalui sejumlah pengujian seperti uji visual terhadap label dan informasi, uji keselamatan listrik, uji kinerja, dan uji kehandalan. Alat ini diklaim mampu beroperasi selama 30 menit dengan baterai jika suplai listrik utama sedang mengalami gangguan. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan sistem monitoring dan alarm untuk menginformasikan adanya gangguan listrik, gas, tekanan, dan tidal volume.

Lebih lanjut, alat resuscitator ini juga diklaim dapat memberikan tidal volume (TV) pada rentang 300-500 ml untuk respiratory rate (RR) 10-20 breath per minute dengan rasio inspiratory dan expiratory (I:E) 1:2. ESDM berharap dengan berbagai inovasi yang dilakukannya dapat memberikan kontribusi positif dalam penanganan pandemi covid-19 di Indonesia.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !