Detail Berita


Sinar Mas Group Beli Saham Stanmore Coal


"Ilustrasi pergerakan saham"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 27-05-2020

duniatambang.co.id - PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) yang merupakan salah satu pilar bisnis dalam bidang pertambangan milik Sinar Mas Group, kembali membeli saham milik tambang batubara di Australia. Pada 18 Mei 2020, pihaknya telah menambah kepemilikan saham di perusahaan Stanmore Coal Limited sebanyak 6.048.027 lembar saham dengan nilai mencapai Rp 5,85 miliar. Kini, total jumlah saham yang dimiliki Dian Swastatika di perusahaan itu sebesar 75,33 persen.

Transaksi penambahan jumlah saham di Stanmore Coal itu diharapkan bisa memberikan tambahan catatan positif pada laporan keuangan perusahaan ke depannya. Pembelian kembali jumlah saham pada Stanmore, dilakukan melalui anak usaha Dian Swastatika yakni, Golden Energy and Resources Limited (GEAR).

Seperti yang sudah diketahui, Dian Swastatika saat ini menguasai 88,87 persen saham di GEAR, dan perusahaan itu melantai di bursa efek Singapura. Sementara itu keduanya, yakni GEAR dan Dian Swastatika memiliki saham mayoritas di perusahaan tambang batubara Golden Energy Mines.

November 2018 silam, GEAR mengabarkan ambisinya untuk menguasai 100 persen saham Stanmore Coal. Nantinya akuisisi sebesar 51 persen saham tersebut bakal dilakukan oleh Golden Investment dan sisanya akan diakuisisi oleh Ascend Capital Advisors. Untuk mewujudkan ambisinya, pertama-tama perusahaan akan menguasai terlebih dahulu 19,9 persen saham Stanmore, dan akan terus bertambah secara bertahap dalam beberapa waktu ke depan.

Sepertinya ambisi tersebut benar-benar akan diwujudkan GEAR. Dalam beberapa periode terakhir, jumlah penambahan saham mereka di Stanmore Coal terus mengalami peningkatan. Terakhir adalah pembelian saham sebanyak 6 juta lebih saham kemarin dengan total sementara 75 persen saham Stanmore Coal yang sudah dipegang.

Sinar Mas Group begitu yakin untuk melakukan akuisisi terhadap perusahaan tambang batubara asal Australia itu. Hal ini tidak mengherankan, dan sepertinya langkah mereka cukup tepat. Sebab Stanmore Coal dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan kerja produksi yang cukup signifikan.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Umar RP.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !