Detail Berita


Harga Sempat Melemah, Emas Masih Banjir Sentimen Positif


"Gold ingot"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 26-05-2020

duniatambang.co.id - Harga emas spot mengalami pelemahan secara persentase sebesar 0,5% atau berada dilevel US$ 1,726.18 per ons troi pada Senin (25/05/2020). Begitupula dengan Harga emas berjangka AS yang harus mengalami pelemahan sebesar 0,5% menjadi US$ 1,726.60 per ons troi. Pelemahan harga emas ini dipercaya terjadi karena adanya kenaikan pada pasar saham Jepang di tengah rencana program stimulus mendorong minat ke aset berisiko. 

Emas sebelumnya sempat tercatat berada dilevel tertinggi sejak 12 Oktober 2012 yaitu pada Selasa (18/5/2020) emas berada di level US$ 1.764,55/troy ons. Harga emas memang cukup dinamis. Namun, emas dipercaya masih berada di tren kenaikan harga. Meski tingginya harga emas sering kali dimanfaatkan untuk aksi ambil untung (profit taking) yang menyebabkan harga emas dapat terkoreksi, emas dipercaya masih dibanjiri sentimen positif.

Kondisi global saat ini yang masih diselimuti ketidakpastian dan adanya sejumlah kebijakan moneter bank sentral dan kebijakan fiskal pemerintah di berbagai negara, disertai pula dengan adanya peningkatan tensi China dengan Amerika Serikat (AS) yang terjadi akibat adanya desakan Presiden Trump kepada China untuk bertanggung jawab atas terjadinya pandemi covid-19  diyakini masih dapat membuat harga emas kembali melambung.

Lebih lanjut, adanya potensi ketegangan Australia-China juga diyakini menjadi sentimen positif bagi emas. Australia kini juga turut menekan China untuk bertanggungjawab atas terjadinya pandemi covid-19.

Menanggapi sikap Australia, China merespon dengan menaikkan beberapa bea masuk importasi produk asal Australia. Ditengah ketengangan China-AS-Australia, pemerintah Tiongkok pun tengah berusaha melakukan intervensi ke Hong Kong yang juga membuat Amerika Serikat turut campur dengan memberikan pernyataan kecamaan atas tindakan pemerintah Tiongkok tersebut. Ketegangan ini membuat emas sebagai asset safe havens masih memiliki daya tarik bagi investor.

Melihat sejumlah fakta tersebut, harga emas dipercaya masih dapat beranjak naik. Akankah emas kembali cetak rekor?

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !