Detail Berita


Group Bakrie Dapat Proyek Gasifikasi Bareng Perusahaan Amerika Senilai 30 Triliun


"Ilustrasi gasifikasi batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 26-05-2020

duniatambang.co.id - Meski kondisi ekonomi global masih terpuruk akibat wabah pandemi, industri di Indonesia masih dianggap seksi di mata investor. Kabar baik datang dari konsorsium Grup Bakrie. PT Bakrie Capital Indonesia, Ithaca Resources dan juga Air Products akan berkolaborasi dalam proyek pembangunan industri metanol. Proyek dengan nilai investasi mencapai Rp 30 triliun itu, nantinya akan dibangun di Batuta Industrial Chemical Park yang ada di wilayah Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Air Products sendiri merupakan perusahaan kimia dan gas yang berasal dari Amerika. Proyek yang akan digarap itu merupakan proyek gasifikasi batubara yang mengubah emas hitam tersebut menjadi bahan bakar alternatif, metanol. Proyek kolaborasi ini dianggap bisa memberikan harapan besar terhadap industri tanah air, khususnya batubara dan bahan bakar alternatif.

Baca juga: Gasifikasi Batubara, Begini Proses Pengubahan Batubara Menjadi Gas

Lebih lanjut, nantinya Bumi Resources yang berada dalam grup Bakrie akan menjadi supplier batubara. Selanjutnya batubara akan diolah dibawah operasional Air Products yang juga akan mendirikan pabrik pengolahannya di Indonesia. Hasil produksi akan dipasarkan untuk pasar domestik hingga pasar internasional. Tentu, hal ini akan sangat besar pengaruhnya terhadap perekonomian nasional.

Bakrie Capital Indonesia menyebut, proyek gasifikasi batubara itu diprediksi bisa memproduksi sebanyak 2 juta ton metanol untuk setiap tahunnya. Diharapkan, proyek ini mulai bisa menjalankan operasional produksi pada tahun 2024. Dengan adanya proyek tersebut, impor bahan bakar yang selama ini dilakukan Indonesia dari luar negeri, bisa ditekan secara signifikan. Secara tidak langsung juga bisa mengangkat nilai mata uang rupiah.

Pihaknya juga mengatakan bahwa proyek yang dikerjakan bersama Air Products itu bisa dijadikan momentum Back to Basic perusahaan untuk menghidupkan kembali industri yang selama ini telah menjadi tulang punggung Bakrie Group. Proyek itu juga bisa membuat Batuta Chemical Industrial Park berkembang dan jauh lebih maju di masa mendatang.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !