Detail Berita


Skema New Normal Diterapkan, Begini Tanggapan Perusahaan Tambang


"Ilustrasi new normal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 25-05-2020

duniatambang.co.id - Kementerian BUMN telah mengeluarkan surat edaran mengenai skema kerja usai Hari Raya Idul Fitri. Dalam surat edaran dengan nomor 336/MBU/05/2020 itu mengatur tentang antisipasi skenario new normal BUMN. Nantinya pegawai yang berusia di bawah 45 tahun diharapkan bisa kembali bekerja secara penuh setelah hari raya. Tentunya hal ini juga ditujukan kepada sejumlah emiten tambang yang berada di bawah BUMN yakni, PT Antam, PT Bukit Asam, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, dan PT Timah.

Surat edaran yang dikeluarkan oleh kementerian BUMN itu diambil sebagai bagian dari langkah penyesuaian terhadap kondisi ekosistem bisnis yang selama ini terkena dampak dari wabah pandemi Covid19. Tujuannya agar ekonomi bisa kembali berjalan seperti sebelumnya, serta sebagai dukungan terhadap kebijakan pemerintah.

Perusahaan yang berada di bawah grup MIND ID tersebut, akan berusaha memenuhi surat edaran kementerian BUMN itu. Sejumlah kantor akan kembali dibuka, dan pekerja yang selama ini melaksanakan Work From Home, bisa kembali menjalankan tugasnya di kantor. Tentunya aktivitas kerja tersebut tetap akan mengacu pada protokol pencegahan penyebaran Covid19 yang selama ini juga terus dilakukan perusahaan.

Skenario New Normal yang akan dijalankan nantinya akan dijadikan dalam bagian langkah antisipasi dini pada areal tambang. Pelaksanaannya akan tetap berpedoman pada himbauan dari pemerintah, khususnya pihak yang paling berwenang dalam hal ini adalah satuan gugus tugas Covid19. Tentunya setiap langkah yang diambil akan mengikuti faktor-faktor yang ada pada masing-masing perusahaan tambang. Misalnya di areal pertambangan milik Freeport yang berada di pegunungan tinggi, tentu berbeda strateginya dengan di areal pertambangan lain.

Sementara itu, PT Bukit Asam mengaku masih akan terus menunggu perkembangan arahan dari pemerintah sebelum mengambil langkah-langkah konkrit mengenai skema New Normal itu. Sembari menunggu perkembangan, pihaknya mengaku selama ini sudah menjalankan protokol penanganan wabah. Salah satunya yakni dengan membentuk Task Force atau gugus tugas sendiri. Sehingga ketika arahan dari pemerintah nanti sudah benar-benar final, pihaknya tinggal menyesuaikan dengan langkah yang selama ini sudah dilakukan.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !