Detail Berita


Lima Logam Mulia Termahal di Dunia, Nomor Empat Ada di Jam Tangan


"Silver ingot"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-05-2020

duniatambang.co.id – Seperti namanya, logam mulia adalah logam yang menjadi primadona setiap orang. Logam ini spesial karena merupakan logam yang memiliki ketahanan terhadap korosi dan oksidasi.

Umumnya logam-logam mulia memiliki harga yang tinggi karena sifatnya yang langka dan memiliki sifat fisik yang memukau.

Lima logam mulia yang termahal di dunia

1. Rhodium

Keberadaan rhodium yang amat langka membuatnya memiliki harga yang melambung tinggi. Rhodium mempunyai titik leleh yang sangat tinggi. Logam ini diproduksi di Kanada, Rusia, dan Afrika Selatan.

Rhodium tidak teroksidasi apabila terkena udara dan mampu mempertahankan kilaunya. Rhodium kerap dijadikan sebagai pelapis perhiasan dari logam mulia lainnya untuk menambah keindahan.

2. Platinum

Platinum memiliki fleksibelitas yang sangat tinggi. Negara eksportir logam mulia ini adalah Afrika Selatan dan Kanada.

Platinum digunakan untuk perhiasan, peralatan kedokteran gigi, pengubah analitik, peralatan laboratorium, kontak listrik, hingga aeronautika. Platinum seperti logam putih keperakan yang berkilau, ulet dan dapat ditempa. Platinum lebih padat dibandingkan emas sehingga membuat platinum lebih berat daripada emas.

3. Emas

Emas merupakan logam mulia yang paling diincar oleh masyarakat di dunia sebagai perhiasan. Emas pun diburu oleh investor karena termasuk aset yang aman untuk jadikan barang investasi karena nilainya yang terjaga.

Emas adalah unsur kimia yang memiliki simbol Au yang disebut aurum. Emas memiliki kilau mengkilap, kuning, dan berat. Emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa.

4. Iridium

Iridium merupakan logam mulia transisi yang sangat keras, memiliki warna keperakan, dan memiliki kepadatan yang sangat tinggi. Iridium memiliki lambang Ir dalam tabel periodik..

Iridium umumnya digunakan dalam pembuatan jam tangan, kompas, alat elektronik, dan industri otomotif.

5. Rutenium

Logam jenis ini memiliki unsur kimia Ru dalam tabel periodik. Rutenium memiliki sifat keras, rapuh, dan merupakan logam transisi perak-putih yang juga termasuk ke dalam grup logam platinum.

Rutenium digunakan untuk membuat kontak listrik, untuk piring logam, katalis serbaguna.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !