Detail Berita


Asosiasi Smelter (AP3I) Minta Permen Tata Niaga Nikel Domestik Dikaji Ulang


"Smelter"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-05-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membuat beleid mengenai tata niaga nikel domestik melalui Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2020. Dalam beleid tersebut tertuang pula mengenai penetapan Harga Patokan Mineral (HPM) yang mempertimbangkan mekanisme pasar internasional, peningkatan nilai tambah dan pelaksanaan kaidah pertambangan yang baik.

Seperti yang diketahui beleid tersebut mulai diimplementasikan pada 14 Mei 2020 lalu. Dengan adanya beleid tersebut maka transaksi jual-beli bijih nikel harus mengacu pada HPM. Beleid tersebut diharapkan mampu menciptakan keadilan antara penambang nikel dan pengusaha smelter agar tidak menimbulkan kerugian pada salah satu pihak. Namun, Industri smelter yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I) meminta agar beleid tersebut dapat kembali dikaji ulang.

Ketua Umum AP3I Prihadi Santoso mengatakan bahwa pihaknya belum menemui kata sepakat dengan skema yang ada didalam beleid tersebut terkait dengan penentuan harga bijih nikel yang dijual penambang ke pengusaha smelter. Prihadi juga menambahkan bahwa komoditas nikel merupakan salah satu komoditas yang bebas untuk diperdagangkan oleh Penambang ke Pengusaha Smelter secara business to business dengan menganut azas supply dan demand.

Asosiasi Perusahaan Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I) pun mengusulkan untuk diadakannya diskusi lebih lanjut antara Kementerian ESDM, penambang nikel, perusahaan smelter independen yang memiliki Izin Usaha Industri (IUI) dan Kementerian Perindustrian.

Selain itu, AP3I sendiri saat ini tengah melakukan komunikasi internal membahas mengenai formulasi tata niaga nikel yang akan diajukan pihaknya. Formulasi tata niaga nikel tersebut akan dibuat dengan mempertimbangkan pihak penambang dan pihak pengusaha smelter agar menemui suatu win win solution.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !