Detail Berita


MIND ID Terbitkan Obligasi Triliunan Rupiah, Siap Akuisisi Vale?


"Dump truck work at site"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 18-05-2020

duniatambang.co.id - MIND ID sebagai holding perusahaan BUMN Pertambangan baru-baru ini berhasil menerbitkan global bonds atau surat utang global senilai US$ 2,5 miliar atau setara dengan Rp 37,5 triliun (kurs Rp 15.000 per US$). Penerbitan obligasi ini merupakan penerbitan obligasi terbesar di antara perusahaan pertambangan di Asia, Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan bahwa hal ini menunjukkan kepercayaan yang tinggi dari investor meski ditengah ketidakpastiaan situasi global.

Lebih lanjut, Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan bahwa hasil penerbitan obligasi tersebut nantinya juga akan digunakan untuk keperluan akuisisi 20% saham INCO (Vale). Namun, hingga kini memang belum diketahui besaran dana dan nilai akuisisi, mengingat penyelesaian akuisisi tersebut harus tertunda karena adanya pandemi covid-19 yang menyebabkan pasar saham menjadi tidak stabil.

Terkait dengan valuasi saham Vale, Orias mengatakan bahwa pihaknya memang tengah membuka pembicaraan awal terkait dengan penentuan valuasi terbaru. Namun, baik Vale maupun MIND ID belum menyepakati besaran nilainya. Selain itu, MIND ID akan melibatkan pihak ke tiga untuk mengevaluasi penentuan valuasi terbaru terkait dengan akuisisi 20% saham INCO demi memastikan alokasi dana yang dikeluarkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Jika sesuai rencana maka penandatanganan akuisisi akan dilakukan pada bulan Mei 2020. Namun, terkait hal itu baik MIND ID dan INCO masih melakukan komunikasi terkait dengan jadwal tersebut. Keduanya memang cukup berhati-hati dalam mengambil langkah terkait dengan akuisisi 20% saham tersebut.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !