Detail Berita


Dibalik Bertolaknya Menteri ESDM ke AS



Tanggal terbit: 27-05-2019

Jakarta – Semenjak pekan lalu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan bertolak ke Amerika Serikat untuk menindaklanjuti dua poin penting pasca akuisisi saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

Menteri ESDM ditemani oleh Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ilyas Asaad, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun KLHK Rosa Vivian Ratnawati, Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin, dan CEO PT Freeport Indonesia (PTFI) Tonny Wenas.

Kedatangan Menteri ESDM ke AS dimaksudkan untuk mendorong PTFI selaku pemegang Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK OP) untuk merampungkan dua poin penting pasca akuisisi saham PTFI yang mayoritas dimiliki oleh Indonesia

Dua poin penting yang perlu ditindaklanjuti, pertama, tata kelola lingkungan dan yang kedua, yaitu perkembangan dan penyelesaian fasilitas pemurnian mineral atau dikenal dengan smelter di Indonesia yang memiliki jangka waktu lima tahun setelah IUPK OP terbit.

Rombongan Menteri ESDM berada di Phoenix selama dua hari, 18-20 Mei. Dilanjutkan perjalanannya ke Houston untuk mengunjungi kantor Chevron dan Conoco Philips.

Kedatangan Menteri ESDM ke AS diharapkan dapat mempercepat pembangunan smelter PTFI di Indonesia. Dengan terbangunnya smelter diharapkan dapat menambah lapangan pekerjaan dan meningkatkan mutu dan pelayanan PTFI.

(FPL)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !