Detail Berita


Revisi UU Minerba Kini Menunggu Tanda Tangan Jokowi


"Hammer Trial Illustration"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 15-05-2020

duniatambang.co.id - Revisi UU Minerba telah resmi disahkan oleh Komisi VII DPR RI dan Kementerian terkait pada Senin (11/5). Keputusan tersebut merupakan keputusan tingkat I di DPR, lalu pada Selasa (12/5), revisi UU Minerba berlanjut ke tingkat II dimana revisi UU Minerba resmi disahkan pada rapat paripurna. Setelah disahkan pada rapat paripurna, lika-liku revisi UU Minerba semakin mendekati final untuk diundangkan.

Baca juga: Perpanjangan Izin Dijamin, RUU Minerba Jadi Angin Segar?

Direktur Teknik dan Lingkungan Ditjen Minerba Kementerian ESDM Sri Rahardjo mengatakan bahwa revisi UU Minerba yang sudah disahkan di rapat paripurna tersebut kini tengah menunggu tanda tangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Hal senada juga disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Percepatan Tata Kelola Sektor Minerba Irwandy Arif yang mengatakan bahwa selanjutnya akan menunggu tanda tangan presiden dan berlanjut ke Kemenkumham.

Lebih lanjut, terkait dengan perkiraan waktu berapa lama proses tersebut akan berlangsung Irwandy Arif mengatakan belum dapat memproyeksikan. Kendati demikian, menurut Pengamat Hukum Energi dan Pertambangan Universitas Tarumanagara Ahmad Redi jika revisi UU Minerba sudah disahkan dalam rapat paripurna selanjutnya UU Minerba tersebut akan di kirim ke Presiden. Presiden sendiri memiliki tenggat waktu 30 hari untuk menandatangani UU tersebut.

Jika dalam kurun waktu tersebut, Revisi UU Minerba tersebut tak kunjung dibubuhi tanda tangan presiden maka UU Minerba dianggap sah dan selanjutnya akan dikirim ke Kemenkumham untuk ditandatangani pengundangannya.

Publik pun masih harus menunggu, akankah Revisi UU Minerba ini akan segera diundangkan?

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !