Detail Berita


Lawan Covid di Sumut, Tambang Emas Martabe Beri Bantuan Alat Kesehatan Senilai Rp 2,3 Miliar


"Bantuan alat kesehatan untuk RS TNI AD Losung Batu, Padangsidimpuan, diterima langsung oleh Kepala RS TNI AD, dr. Ucok Sagala, Rabu (13/5)"
Sumber gambar: Dokumen PT Agincourt Resources


Tanggal terbit: 13-05-2020

PADANGSIDIMPUAN, duniatambang.co.id – PT Agincourt resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe di Batangtoru, Tapanuli Selatan telah memberikan bantuan senilai Rp 2,3 miliar untuk mendukung penanganan dan pencegahan COVID-19 di wilayah Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kota Sibolga, dan Kota Medan Sumatera Utara. Pemberian bantuan dilakukan dalam dua tahap.

Bantuan tahap pertama PTAR berupa alat-alat kesehatan penanganan COVID-19 senilai lebih dari Rp 1 Miliar telah didistribusikan ke RSUD Sipirok, Tapanuli Selatan pada 6 April 2020, RSUD Pandan Tapanuli Tengah pada 8 April 2020, serta Dinas ESDM Sumatera Utara pada 9 April 2020. Bantuan perlengkapan pencegahan COVID-19 bagi wartawan yang bertugas di Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara dan Medan juga sudah disalurkan melalui organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di masing-masing wilayah tersebut.

Sementara itu bantuan tahap kedua berupa peralatan medis, APD serta paket sembako senilai lebih dari Rp 1,3 miliar didistribusikan kapada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di masing-masing Kabupaten/Kota yakni Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padangdisimpuan, Kota Sibolga, RS TNI AD Losung BATU Padangsidimpuan serta masyarakat jompo dan anak yatim di 15 Desa Lingkar Tambang Emas Martabe.

Bantuan kedua diterima langsung oleh Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk pada 4 Mei 2020. Sementara bantuan untuk Tapanuli Selatan diterima oleh Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul Pasaribu di Kantor Buaoti Tapsel di Sipirok, Selasa (12/5). Bantuan untuk Kota Padangsidimpuan diterima oleh Wakil Walikota Padangsidimpuan, Arwin Siregar di kantor Walikota Padangdimpuan  Rabu (13/5). Sedangkan bantuan untuk RS TNI AD Losung Batu Padangsidimpuan diterima langsung oleh Kepala RS TNI AD, dr. Ucok Sagala, Rabu (13/5). Acara penyerahan bantuan dihadiri juga oleh masing-masing Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19, perwakilan pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono menjelaskan bantuan tahap kedua tersebut terdiri dari rapid test kit covid-19, APD set, masker bedah, thermometer infrared, serta perlengkapan medis lainnya. Selain itu ribuan bantuan paket sembako dan paket santunan juga diberikan kepada masyarakat jompo dan anak yatim di 15 Desa Lingkar Tambang Emas Martabe.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Muliady Sutio menyatakan bantuan yang diberikan PT Agincourt Resources merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memberikan manfaat sosial positif berkelanjutan bagi masyarakat di sekitar operasional Tambang Emas Martabe, khususnya di tengah pandemi COVID-19 ini. “Kami berharap bantuan ini dapat membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, para tenaga medis serta masyarakat rentan yang terkena dampak pandemi COVID-19,” kata Muliady.

Menurut Muliady, upaya pencegahan penyebaran pandemi harus dilakukan serentak oleh seluruh lapisan, baik itu pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. “Semoga kontribusi ini dapat bermanfaat dalam menghambat penyebaran COVID-19 dan meringankan beban pemerintah setempat serta masyarakat di sekitar Tambang Emas Martabe,” tandas Muliady.

Muliady menyatakan, Tambang Emas Martabe yang berstatus obyek vital nasional juga tak luput dari dampak COVID-19. “Saat ini kami juga menghadapi berbagai tantangan dan harus mengerahkan berbagai upaya terbaik dan tetap fokus pada tujuan yang telah dicanangkan, yakni menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, dan terus beroperasi demi memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan,” kata Muliady.

Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe dikelola dan dioperasikan oleh PT Agincourt Resources. Wilayah tambang mencakup area 30 km² yang berada dalam Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km². Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara.

Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya per tanggal 31 Desember 2018 adalah 8,1 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak. Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe adalah lebih dari 5 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 300.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak per tahun. PT Agincourt Resources melibatkan lebih dari 2.600 karyawan dan kontraktor, sekitar 98% di antaranya adalah warga negara Indonesia, dan lebih dari 70% berasal dari desa setempat. (*)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !