Detail Berita


Daerah Penghasil Bijih Besi di Indonesia


"Iron Ore Illustration"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 12-05-2020

duniatambang.co.id – Potensi bijih besi di Indonesia cukup besar yang pada umumnya dapat berupa pasir besi, besi primer, dan besi laterit. Indonesia yang kaya bijih besi ini disebabkan oleh struktur geologi yang di miliki Indonesia yang sangat kompleks.

Sumber daya bijih besi yang tersebar di tiap Provinsi di Indonesia mencapai 1  miliar ton (kurang lebih 0,49% dari total sumber daya dunia).

Adapun daerah penghasil Bijih Besi di Indonesia dapat dijumpai pada:

  1. Cilacap, Jawa Tengah
  2. Cilegon, Banten
  3. Pulau Derawan, Kalimantan Selatan
  4. Pulau Sebuku, Kalimantan Selatan
  5. Gunung Tegak, Lampung
  6. Lengkabana, Sulawesi Tengah
  7. Longkana, Sulawesi Tengah
  8. Pegunungan Verbeek, Sulawesi Tengah

Penambangan bijih besi skala besar di Indonesia banyak dilakukan di daerah Kalimantan Selatan. Sementara pertambangan skala kecil lainnya banyak dilakukan di daerah Kalimantan Barat, Jambi, Riau Bangka Belitung, dan Sulawesi Utara.

Meski sumber daya bijih besi di Indonesia terhitung besar, jika ditambang secara terus-menerus persediaan bijih besi akan semakin menipis. Ditambah dengan kebutuhan bahan baku bijih besi yang semakin meningkat.

Umumnya, besi digunakan untuk sebagai bahan baku pembuatan besi baja, bahan dasar pembuatan tiang-tiang rambu lalu lintas, bahan konstruksi bangunan, rangka kendaraan, pipa, jalur kereta api, dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, bijih besi terdiri dari ikatan oksigen dan atom besi yang diperoleh biasanya dalam bentuk magnetit, limonit, hemafitm dan geothit. Bijih besi ini sebelum digunakan sebagai produk jadi harus mengalami proses ekstraksi terlebih dahulu.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Umar RP

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !