Detail Berita


J Resources Terbitkan Obligasi Senilai 225 Miliar Dengan Suku Bunga 10,25 Persen


"Ilustrasi Uang dan Kalkulator"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 12-05-2020

duniatambang.co.id - PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menerbitkan obligasi atau Penawaran Umum Berkelanjutan I Tahap IV akhir bulan lalu. Nilainya 100 persen dari jumlah pokok aplikasi tanpa adanya warkat. Jumlahnya mencapai Rp 225 miliar dengan suku bunga flat sebesar 10,25 persen per tahun. Jangka waktunya adalah selama 3 tahun sejak diterbitkannya tanggal emisi yakni pada 6 Mei 2020.

Pihaknya memberikan penjelasan jika bunga yang dibayarkan nanti akan menggunakan skema 3 bulan sekali atau triwulan. Untuk bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 6 Agustus 2020. Sementara bunga obligasi terakhir atau pelunasan akan dibayarkan pada 6 Mei 2023. Pelunasan itu nantinya akan dilakukan secara bullet payment atau penuh saat tanggal jatuh tempo seperti tersebut di atas.

Nantinya dana hasil penerbitan obligasi tersebut akan dipakai perusahaan untuk membiayai dan mendukung kegiatan operasional. Pembiayaan operasional itu meliputi pembayaran fee para konsultan yang bekerja untuk perusahaan maupun anak perusahaan. Hal tersebut termasuk namun tidak terbatas pada kegiatan metalurgi, geotek, geologi, kesejahteraan karyawan, supplier serta untuk membayarkan bunga.

PT J Resources Asia Pasifik juga menjelaskan akan pentingnya lima pilar yang saling terkait satu sama lain dalam pelaksanaan operasional perusahaan sehari-hari. Lima pilar yang dimaksud adalah aspek finansial, sumber daya manusia, kepastian hukum, teknologi dan aspek sosial. 

Penerbitan obligasi seperti yang sudah dilakukan perusahaan saat ini, merupakan perwujudan dari salah satu lima pilar utama, yakni aspek finansial dan permodalan. Selain dengan menerbitkan obligasi, untuk memenuhi aspek permodalan tersebut, perusahaan juga mengeluarkan kebijakan lain. Yakni dengan memanfaatkan aset internal yang bisa bersumber dari kas yang dimiliki oleh perusahaan.

Pentingnya untuk tetap berkomitmen menjaga pemenuhan kebutuhan finansial ini nantinya akan sangat berdampak signifikan terhadap kegiatan operasional perusahaan. Meliputi kegiatan eksplorasi untuk mengumpulkan data, penambangan, pengolahan hingga proses produksi menjadi barang jadi.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !