Detail Berita


Hadapi Pandemi, Indo Tambangraya (ITMG) Fokus Gerek Ekspor Batubara


"Coal Mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 11-05-2020

duniatambang.co.id - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) kini tengah mempertahankan kinerjanya ditengah kurang bergairahnya pasar batubara. Sebagai informasi, Kinerja ITMG sudah cukup tertekan sejak 2019 lalu. Pendapatan ITMG harus anjlok secara persentase sebesar 14,43% year on year dan laba bersih ITMG harus merosot hingga 50,6%.

Berkaca dengan kinerja pada tahun lalu, ITMG pada tahun ini memilih untuk mematok target produksi sebesar 19 juta hingga 20,1 juta ton batubara.

Target produksi yang dipatok ITMG tersebut memang lebih rendah dibandingkan dengan realisasi produksi batubara pada tahun lalu yang mencapai 23,6 juta ton batubara dengan penjualan 26,5 juta ton. Kendati demikian, Direktur Hubungan Investor ITMG Yulius Gozali hingga kuartal I 2020 kinerja ITMG masih positif dan realisasi produksi batubara sudah mencapai 4,5 juta ton dari total target. ITMG pun akan terus mengoptimalkan kegiatan produksi agar dapat mencapai target yang telah dipatok sebelumnya.

Selain fokus mengoptimalkan kegiatan produksi, Untuk mempertahankan kinerjanya pada tahun ini ITMG juga akan fokus menggerek kegiatan ekspor batubara. Ditengah ancaman pandemi yang menyerang sejumlah Negara termasuk Negara-negara yang sejatinya menjadi importir batubara, manajemen ITMG bertekad menggerek volume ekspor terutama di kawasan Asia.

Direktur Hubungan Investor ITMG, Yulius Gozali pun mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan peningkatan ekspor ke China seiring dengan mulai pulihnya negeri tirai bambu tersebut. Selain China, ITMG juga membidik kenaikan volume ekspor ke Jepang, India, Korea Selatan dan negara di kawasan Asia Tenggara. Namun, pihaknya belum dapat membeberkan besaran angka kenaikan volume ekspor tersebut.

Lebih lanjut, ITMG pada tahun ini mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki proyek khusus yang tengah berjalan pada tahun ini. Untuk itu, terkait dengan belanja modal atau capital expenditure pada tahun ini akan dialokasikan untuk peralatan dan perlengkapan mesin.

Sebagai informasi, tahun ini ITMG mengalokasikan capex sebesar US$ 49,9 juta. ITMG akan melakukan kajian lebih lanjut terkait dengan alokasi capex pada tahun ini.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !