Detail Berita


Kuartal II Masih Suram, INDY Antisipasi Tren Penurunan Harga Batubara


"Coal Mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 11-05-2020

duniatambang.co.id - PT Indika Energy Tbk (INDY) terus memutar otak menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi gejolak pasar batubara. Komoditas batubara diproyeksikan kian suram di kuartal II 2020. Alih-alih sentimen positif, batubara masih dirundung sentimen negatif ditengah ketidakpastian global seperti sekarang ini.

Kurang bergairahnya pasar batubara di kuartal II ini juga ditandai dengan merosotnya Harga Batubara Acuan (HBA) Mei hingga 7,08% menjadi US$ 61,11 per ton. Head of Corporate Communication Indika Energy Ricky Fernando mengungkapkan bahwa penurunan HBA Mei ini juga sebagai efek dari penyebaran pandemi covid-19 yang berimbas pada perlambatan ekonomi dan turunnya permintaan batubara.

Permintaan batubara juga menunjukkan tren turun seiring dengan adanya kebijakan lockdown di sejumlah Negara yang mengakibatkan konsumsi batubara ikut tergerus. INDY saat ini terus memantau perkembangan situasi global dan menyiapkan sejumlah strategi agar kinerja perusahaan tetap prima meski diterjang badai ketidakpastian.

Lebih lanjut, pada kuartal I 2020 volume produksi dan penjualan batubara INDY berada pada kisaran level 9 juta ton dimana sebanyak 8,8 juta ton berasal dari PT. Kideco Jaya Agung dan sebanyak 500.000 ton  batubara berasal dari anak usaha INDY lainnya. Head of Corporate Communication Indika Energy Ricky Fernando mengatakan pihaknya akan mengantisipasi tren penurunan dan permintaan batubara dari kuartal II hingga kuartal-kuartal berikutnya sepanjang tahun 2020 ini.

INDY akan fokus melakukan berbagai langkah antisipatif seperti efisiensi biaya, mengoptimalisasi penggunaan biaya modal, meningkatkan produktivitas operasional, dan mengembangkan proyek-proyek diversifikasi sektor non-batubara.

Selain itu, INDY pun tengah mengkaji sejumlah opsi terkait dengan perubahan target penjualan, target produksi dan belanja modal. INDY pun berharap pandemi covid-19 dapat segera tertangani dan INDY optimis setelah tantangan pandemi ini berakhir perekonomian dan pasar batubara dapat berangsur membaik.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !