Detail Berita


Kuartal II, Golden Energy Mines (GEMS) Patok Target Produksi Batubara 8,3 Juta Ton


"Coal stockpile"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 08-05-2020

duniatambang.co.id - PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) sebagai salah satu emiten tambang batubara kini tengah berfokus menjaga volume produksi batubara miliknya. GEMS pada kuartal I 2020 lalu mampu mencatatkan kenaikan volume produksi secara persentase sebesar 18% year on year atau berada di level 8,4 juta ton. Capaian tersebut cukup menggembirakan bagi GEMS.

Meski ditengah penyebaran pandemi yang kian masif. Bahkan membuat sejumlah analis memproyeksikan dampak domino dari pandemi covid-19 cenderung akan semakin terasa pada emiten tambang batubara yaitu di kuartal ke II 2020. Kendati demikian, GEMS tetap optimis dan berharap kinerjanya tetap prima meski berada pada ketidakpastian global. Berkaca dengan capaian pada kuartal I 2020 lalu, GEMS kini mematok target produksi batubara pada kuartal II sebesar 8,3 juta ton.

Sekretaris Perusahaan GEMS Sudin Sudirman mengatakan bahwa pihaknya memproyeksikan realisasi produksi pada kuartal II ini dapat mendekati realisasi pada kuartal I 2020 lalu. Produksi batubara GEMS disokong dari tiga lokasi tambang miliknya, yaitu tambang PT Borneo Indobara di Kalimantan Selatan, tambang PT Barasentosa Lestari di Sumatra Selatan, dan tambang PT Kuansing Inti Makmur di Jambi.

Dari sisi pemenuhan kebutuhan domestik atau Domestic Market Obligation (DMO), pada periode Januari hingga Maret 2020 realisasi DMO GEMS secara persentase sudah mencapai 29% dari total produksi. Dari segi target produksi tahunan, GEMS sendiri pada tahun 2020 ini memilih untuk menurunkan target produksi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

GEMS pada tahun 2020 hanya mematok target produksi sebesar 27,2 juta ton batubara padahal pada tahun 2019 lalu GEMS mematok target sebesar 30 juta ton batubara. Kendati demikian, GEMS berharap semua target dapat tercapai meski 2020 diproyeksikan masih menjadi tahun yang sulit bagi batubara.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !