Detail Berita


Harga Emas Ambles Gara-Gara Ancaman Perang Dagang Amerika-Cina


"Fine Gold"
Sumber gambar: republika.co.id


Tanggal terbit: 08-05-2020

duniatambang.co.id - Harga emas Aneka Tambang dalam sepekan terakhir cenderung mengalami penurunan. Pada perdagangan terakhir, nilainya turun menjadi Rp 913.000 per gram. Sementara itu juga terjadi gejolak pada harga emas dunia. Gejolak ini merupakan imbas dari memanasnya hubungan antara Amerika dengan Cina akibat perang dagang.

Bloomberg merilis data harga emas di pasar spot yang mengalami penurunan sebesar 0,19 persen, berada pada angka 1.697 dolar Amerika per ons. Sementara untuk harga emas berjangka pada bursa comex mengalami kenaikan sebesar 0,25 persen menjadi 1.705 dolar Amerika per ons.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan ancaman untuk mengeluarkan tarif baru untuk produk-produk asal Cina. Hal ini pun memicu terjadinya kenaikan harga emas sebesar 1 persen. Dikhawatirkan, ancaman Trump tersebut bisa menghambat pemulihan ekonomi dunia di saat wabah pandemi mulai menunjukkan penurunan jumlah kasus baru.

Tindakan Trump untuk pemberlakuan tarif baru ini diakui berdasarkan temuan penyebab asal wabah pandemi berasal dari negeri tirai bambu tersebut. Aksi itu pun dianggap sebagai aksi balasan dari pemerintahan Trump. Sayangnya apa yang dilakukan Trump tersebut justru dinilai bisa menyebabkan perang dagang yang semakin memburuk antara kedua negara adikuasa itu.

Sementara itu, kebijakan pihak The Fed untuk mempertahankan nilai suku bunga acuan pada pekan sebelumnya, mampu membuat harga emas dunia turun kembali. Pihaknya pun berjanji akan meningkatkan jumlah stimulus yang dikeluarkan, agar ekonomi dunia kembali stabil. Apalagi, diprediksi masyarakat Amerika akan mengalami peningkatan beban ekonomi akibat dari pembatasan sosial hingga beberapa bulan ke depan.

Meski demikian, banyak analis optimis jika harga emas akan berpeluang mengalami peningkatan cukup signifikan seiring adanya sejumlah kendala dan risiko yang akan dihadapi. Sementara jika melihat pasar emas di dalam negeri, kondisi akan stagnan dan cenderung menurun apabila tidak ada kebijakan efektif yang bisa diambil.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !