Detail Berita


Papua School of Mine, Sekolah Pertambangan yang Akan Menjadi Primadona Masa Depan



Tanggal terbit: 20-05-2019

Jakarta - Akuisisi Freeport oleh Indonesia membawa keuntungan bagi rakyat Indonesia khususnya penduduk Papua baik secara finansial maupun pengembangan sumber daya manusia. Pada akhir 2018, Inalum mengakuisisi PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan pelunasan saham sebanyak 51,2%. Dikutip dari money.kompas.com (Papua School of Mines, dari Inalum untuk Papua...), saham ini lalu dibagikan sebesar 10% ke Pemda Papua dengan besaran 7% untuk Kabupaten Timika dan 3% ke Provinsi Papua.

Pembagian saham ini mendatangkan dividen ke Pemda Papua sebesar 100 juta dollar AS atau sama dengan Rp 1.44 Triliun Rupiah per tahun dengan kurs saat ini (Rp 14.400). Dividen ini akan didapatkan pada tahun 2022, setelah tambang bawah tanah PTFI beroperasi penuh.

Tidak hanya secara finansial, Inalum juga menyediakan pelayanan lebih lanjut untuk penduduk papua melalui Pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di Papua.

Salah satu bentuk pengembangan ini adalah didirikannya Mining and Minerals Industry Institute (MMII) pada 1 Februari 2019. MMII bertujuan untuk pengembangan Yayasan Nemangkawi Mining Institute yang sudah ada sebelumnya. Pengembangan ini diharapkan dapat menjadi target jangka Panjang Yayasan Nemangkawi Mining Institute menjadi Papua School of Mines.

Demi terciptanya suatu iklim pendidikan yang baik, MMII mencoba menggandeng beberapa instansi, seperti melakukan kerjasama dengan Universitas Cendrawasih (Uncen) pada tanggal 15 Januari 2019. Selain Uncen, Inalum sudah bekerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology energy Initiatives (MITEI) dan Western Australian School of Mines.

Banyaknya kegiatan pertambangan PTFI di Papua membuka peluang untuk pembelajaran mengenai pertambangan open pit maupun underground pit (yang kedepannya akan lebih sering melakukan aktivitas penambangan).

Pengembangan sumber daya manusia di Papua merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Dengan didirikannya Papua School of Mine, bisa menjadi bukti konkrit untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan sumber daya manusia di Papua secara khususnya dan rakyat Indonesia yang ingin mengenal industry pertambangan secara massif.

(FPL)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !