Detail Berita


APBI Nilai Permendag Nomor 4 Tahun 2020 Berdampak pada Ekspor Batubara


"Kapal pengangkut batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 04-05-2020

duniatambang.co.id – Pemerintah baru saja mengesahkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag Nomor 40 Tahun 202. Ketentuan ini mencabut Permendag Nomor 80 tahun 2018.

Permendag ini mewajibkan penggunaan angkutan laut nasional berlaku bagi eksportir batubara yang menggunakan angkutan laut dengan kapasitas angkut sampai dengan 15.000 deadweight tonnage (dwt).

Selain itu, Permendag ini juga mengatur penggunaan asuransi nasional yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi nasional atau lembaga pembiayaan ekspor yang dibentuk oleh pemerintah yang telah mendapatkan tanda daftar dari kementerian perdagangan.

Menurut Ketua Komite Markerting & Logistik APBI Hendri Tan, kewajiban menggunakan asuransi nasional ini akan menambah beban usaha dari para eksportir yang seharusnya tidak perlu memerlukan asuransi nasional. Pasalnya, eksportir tersebut memberlakukan sistem Free On Board (FEB), dimana pembeli/eksporti mengurus sendiri kapal dan asuransinya.

Untuk diketahui, volume ekspor batubara Indonesia pada 2019 mencapai 454,5 juta ton dan nilai ekspor USD 21,53 miliar. Sementara untuk bulan Januari hingga Maret 2020 mencapai 115 juta ton dan nilai ekspor USD 5,2 miliar.

Selama empat tahun terakhir volume ekspor menunjukkan kenaikan. Pada tahun 2020 ekspor diperkirakan menurun akibat pandemi corona. Demikian pula dengan nilai ekspor yang akan ikut tertekan. Depresiasi mata uang rupiah terhadap USD akan sedikit berpengaruh terhadap nilai ekspor tahun 2020.

Permendag ini mengatur ketentuan untuk angkutan laut dan asuransi dan mulai berlaku pada 1 Mei 2020.

Hendri menambahkan jangka waktu diresmikan dan pemberlakuan Permendag ini tersisa sedikit sehingga menyulitkan eksportir/importir untuk mengikuti kewajiban penggunaan kapal nasional.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !