Detail Berita


United Tractors Catatkan Kinerja Kurang Prima Pada Kuartal I 2020


"Alat Berat PT United Tractors Tbk"
Sumber gambar: www.unitedtractors.com


Tanggal terbit: 30-04-2020

duniatambang.co.id - PT United Tractors Tbk (UNTR) salah satu emiten kenamaan yang bergerak dalam bisnis alat berat harus mencatatkan kinerja yang kurang prima pada kuartal I 2020. Kinerja yang kurang prima ini ditandai dengan penurunan pendapatan dan laba bersih yang dibukukan UNTR pada kuartal I 2020.

UNTR pada periode Januari hingga Maret 2020 lalu mencatatkan pendapatan sebesar Rp 18,3 triliun. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, angka tersebut menunjukkan penurunan pendapatan secara persentase sebesar 19,02%. Sebagai buntut dari turunnya pendapatan UNTR, laba bersih UNTR periode Januari hingga Maret 2020 juga harus merosot secara persentase hingga 40% atau menjadi Rp 1,8 triliun.

Turunnya pendapatan UNTR memang terjadi pada berbagai lini bisnis miliknya seperti turunnya pendapatan dari penjualan suku cadang dan jasa pemeliharaan alat berat sebesar 21% menjadi Rp 1,7 triliun dan penurunan pendapatan dari sejumlah anak usaha UNTR yang menjalankan bisnis jasa kontraktor pertambangan. PT Pamapersada Nusantara (Pama) sebagai salah satu anak usaha UNTR pada kuartal I 2020 lalu harus mengalami penurunan pendapatan secara persentase sebesar 14% year on year atau menjadi Rp 8,2 triliun.

Selain Pama, anak usaha UNTR lainnya juga mengalami penurunan pendapatan yaitu PT Tuah Turangga Agung (TTA) yang hanya mampu membukukan pendapatan sebesar Rp 3,4 triliun atau secara persentase turun 7% year on year. Penurunan pendapatan anak usaha UNTR yang menjalankan bisnis jasa kontraktor pertambangan ini disinyalir terjadi seiring dengan melemahnya harga batubara dan kurang bergairahnya pasar ditengah berbagai sentimen negatif yang menghantui batubara.

Namun, kinerja UNTR cukup terbantu dari bisnis tambang emas yang mengalami kenaikan pendapatan cukup tipis yaitu menjadi Rp 1,95 triliun dari Rp 1,92 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. kedepannya, UNTR memang tengah menyiapkan berbagai strategi untuk menghadapi sejumlah tantangan ditengah ketidakpastian global. UNTR tetap berharap dapat membukukan kinerja yang prima sepanjang tahun 2020 ini.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !