Detail Berita


Akibat Sejumlah Negara Lockdown, Kinerja ANTAM Tertekan


"PT Aneka Tambang Tbk"
Sumber gambar: netralnews.com


Tanggal terbit: 29-04-2020

duniatambang.co.id – Pandemi virus corona mempengaruhi kinerja sejumlah emiten tambang, termasuk PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Kinerja ANTM pada kualtal I-2020 mengalami penurunan.

Virus corona yang semakin menyebar membuat sejumlah Negara menerapkan kebijakan lockdown untuk memutus mata rantai virus corona. Kebijakan ini membuat hasil komoditas ANTM tidak terserap secara maksimal. Pasalnya, Negara tujuan ekspor ANTM adalah China dan India yang merupakan Negara dengan kasus virus corona yang tinggi.

SPV Corporate Secretary Kunto Hendrapawoko membenarkan bahwa kondisi virus corona berdampak pada kinerja bisnis ANTM pada kuartal I-2020.

Kinerja ANTM pada kuartal II-2020 diprediksi masih akan ikut terpengaruh, namun Kunto masih optimis hasil kinerja ANTM akan tetap positif hingga akhir tahun ini. Sebagai upaya untuk mencapai hal tersebut, ANTM meningkatkan daya saing dengan melakukan efisiensi penurunan biaya operasi.

Selain menurunkan kinerja, lockdown di beberapa Negara ini menurunkan permintaan sejumlah komoditas. Namun, ANTM mengaku tidak ada penurunan untuk feronikel yang diproduksi oleh ANTM. Sebagai gambaran, pada tahun lalu Antm mencatatkan kinerja produksi dan penjulan yang positif.

Di samping itu, ANTM terus mendorong penjualan komoditas emas dengan menyediakan transaksi secara online. Hal ini memudahkan para pelanggan untuk bertransaksi tanpa harus mendatangi gerai secara langsung. Saat ini emas menjadi primadona karena harganya yang kian menanjak tinggi.

Melihat kondisi yang tak menentu, ANTM mendalami skema jangka panjang yang terjadi akibat pandemik corona ini untuk memaksimalkan kinerja perusahaan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !