Berita

PLTU Indramayu Memasok Litrik Pelabuhan Patimban

Jakarta – Senin (13/5/2019), PT PLN (Persero) mengadakan kerjasama dengan Kementrian Perhubungan mengenai penyediaan pasokan listrik di Kawasan Pelabuhan Patimban.  Dikutip dari medcom.id (PLN Pasok Listrik untuk Pelabuhan Patimban), Kawasan pekabuhan ini direncanakan akan beroperasi pada tahun 2020.

Senada informasi yang diperoleh dari finance.detik.com (Pelabuhan Patimban Dapat Suplai Listrik Dari PLTU Indramayu), "PLN siapkan infrastruktur kelistrikan terutama untuk industri. Kita akan siapkan sesuai kebutuhan di daerah Patimban," kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Perhubungan Laut (Kemenhub), Agus H Purnomo, dan Direktur Bisnis Regional Bagian Tengah, Amir Rosidin.

Menurut kppip.go.id, PLTU Indramayu merupakan pembangkit listrik berbahan bakar batu bara dengan kapasitas 1,000 MW yang diperuntukan untuk kebutuhan Pulau Jawa dan Bali. PLTU memiliki target untuk menyediakan pasokan listrik guna pertumbuhan ekonomi dan insdustri di bagian Timur Jakarta dan Jawa Barat. Walaupun masih dalam tahap persiapan, PLTU ini diharapkan dapat beroperasional secara komersial pada tahun 2026. 

Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk integrasi antar dua pihak untuk kemajuan pendudukan Indonesia. Keberadaan pelabuhan diharapkan akan menggenjot ekonomi masyarakat dan di sisi lain keberadaan PLTU diharapkan dapat membuka lapangan kerja bagi penduduk Indonesia khususnya fresh graduate.

(FPL)