Detail Berita


Meski Terancam Pandemi, Semen Indonesia Group Catatkan Pertumbuhan Penjualan


"Limestone"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 23-04-2020

duniatambang.co.id - Pandemi virus corona atau covid-19 memang menjadi salah satu ancaman bagi berbagai sektor. Tak terkecuali pada bisnis semen. Pandemi covid-19 ini menjadi salah satu sentimen negatif yang diramalkan membuat konsumsi semen tergerus sebagai buntut dari tersendatnya berbagai proyek konstruksi dan pembangunan. Namun hal ini tak membuat kinerja Semen Indonesia Group terdampak signifikan. SIG masih mampu mencatatkan penjualan yang ciamik sepanjang kuartal I 2020 lalu.

Sepanjang kuartal I 2020, Semen Indonesia Group mampu mencatatkan kenaikan penjualan secara persentase sebesar 7,04% year on year (yoy) atau menjadi 9,36 juta ton. Angka penjualan ini disumbang oleh sejumlah anak usaha yang tergabung dalam Semen Indonesia Group.

Dari 9,36 juta ton penjualan, sebanyak 8,89 juta merupakan kontribusi dari penjualan Semen Indonesia (SMGR)dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB). Sisanya disumbang oleh Hang Long Cement Joint Stock Company (TLCC) sebanyak 476.150 ton.

Penjualan SMGR dan SMCB terdiri dari sektor domestik dan pasar ekspor. Adapun sekitar 7,8 juta ton semen dijual ke pasar domestik dan 1,02 juta ton lainnya merambah ke pasar ekspor. Begitupula dengan TLCC sebanyak 303.722 ton semen dijual ke pasar domestik dan sisanya sekitar 172.429 ton dijual ke pasar ekspor.

Angka penjualan Semen Indonesia Group ini tergolong prima karena masih mencatatkan pertumbuhan penjualan ditengah ketidakpastian global dan berbagai sentimen negatif yang masih menyelimuti pasar semen.

Sebagai tambahan informasi, penjualan semen secara nasional dari semua emiten semen sebenarnya mengalami penurunan. Melansir data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), sepanjang kuartal I penjualan semen nasional hanya sebesar 16,29 juta ton. Angka ini menunjukkan penurunan sebesar 4,71% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Kedepannya belum dapat diketahui kemana arah pergerakan pasar semen mengingat situasi global yang masih sangat dinamis.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !