Detail Berita


Begini Rencana ANTAM di Tengah Pandemi


"PT Aneka Tambang Tbk"
Sumber gambar: netralnews.com


Tanggal terbit: 21-04-2020

duniatambang.co.id - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) kini masih terus memantau pergerakan situasi global ditengah penyebaran pandemi virus corona. ANTM juga akan fokus menjaga produksi dan penjualan meski ditengah pandemi. ANTM pun tetap membidik kenaikan produksi pada tahun ini. Seperti yang diketahui, ANTM memiliki sejumlah komoditas tambang seperti emas, nikel, feronikel, bauksit dan alumina.

ANTM berharap tren kenaikan harga emas pada tahun ini dapat mendorong performa ANTM. Bagaimana tidak ditengah pandemi seperti sekarang ini, emas merupakan salah satu komoditas yang masih menunjukkan tren kenaikan harga bahkkan sempat melampaui level psikologisnya.

ANTM berharap kinerja perusahaan dapat terbantu oleh eksisnya emas ditengah pandemi. ANTM pada tahun ini akan mengoptimalkan produksi emas dari dua tambang miliknya, yaitu Tambang Emas Pongkor, Jawa Barat dan Tambang Emas Cibaliung di Banten. ANTM akan menjaga produksi emas sekitar 2 ton emas per tahun.

Selain emas, pada tahun ini ANTM juga akan mengoptimalkan operasi produksi pabrik feronikel agar dapat mencapai target produksi dan penjualan nikel dalam feronikel (TNi) sebesar 27.000 ton. ANTM memang sejauh ini belum membeberkan secara detail terkait dengan target produksi masing-masing komoditas miliknya, begitu pula dengan target penjualan yang ingin diraih pada tahun ini.

Namun pihaknya mengatakan bahwa dengan mempertimbangkan kondisi dan situasi global saat ini yang masih diambang ketidakpastian, target yang dipatok pada tahun 2020 ini akan bersifat lebih dinamis dan terbuka untuk menyesuaikan tingkat penyerapan pasar dan harga komoditas.

ANTM pun akan jeli melihat peluang yang ada untuk meningkatkan kinerja perusahaan, namun tetap memegang prisip kehati-hatian. ANTM pun masih menaruh harap pada tahun ini dapat meraih pertumbuhan positif baik pada produksi dan penjualan komoditas.

Selain itu,  ANTM pada tahun ini juga tengah fokus menyelesaikan sejumlah proyek seperti Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim (P3FH) berkapasitas 13.500 TNi dan proyek pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) yang memiliki kapasitas pengolahan sebesar 1 juta ton SGA per tahun. ANTM berharap proyek ini dapat berjalan sesuai rencana.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !