Detail Berita


Jenis Aspal dan Kegunaannya pada Kehidupan Sehari-Hari


"Aplikasi aspal pada jalan "
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 16-04-2020

duniatambang.co.id – Aspal sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari yang sering dijumpai di jalan raya. Aspal adalah senyawa hidrokarbon sedikit mengandung oksigen, sulfur, dan klor. Aspal berupa cairan kental digunakan sebagai pengikat karena mempunyai sifat viskoelastis.

Aspal digunakan sebagai bahan bangunan dalam proyek konstruksi jalan, seperti beton maupung paving block.

Aspal berfungsi sebagai bahan pengikat dan pelapis permukaan tanah. Dalam penggunaannya, aspal akan mengikat senyawa lain agar tidak mudah lepas dari permukaan jalan.

Jenis-Jenis Aspal

Aspal terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

1. Aspal Alam

Seperti namanya, aspal alam berasal dari proses alami. Aspal alam dapat bersumber dari aspal batu dan aspal danau. Pemakaian aspal dari batuan harus melalui proses ekstraksi lalu dicampur dengan minyak pelunak. Sementara aspal danau dapat dicampur dengan campuran mineral, bitumen, dan bahan organik lainnya.

2. Aspal Hasil Distilasi

Aspal hasil distilasi adalah aspal buatan buatan dimana proses pembuatannya hasil dari penyulingan minyak mentah. Pada proses ini, terjadi pemisahan berbagai macam fraksi dari minyak mentah.

3. Aspal Modifikasi

Aspal modifikasi dapat dibuat dengan mencampurkan aspal keras dengan bahan tambahan seperti polymer yang sering juga disebut sebagai aspal polymer.

Secara keseluruhan, aspal mempunyai kandungan yang sangat kompleks dan secara kimia belum terkarakterisasi dengan baik. Adapun kandungan utama aspal adalah senyawa karbon jenuh dan tak jenuh, alifatik dan aromatic. Atom-atom lain yang menyusun aspal adalah nitrogen, oksigen, belerang, dan beberapa atom yang lain.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Umar RP

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !