Detail Berita


Emas Kuning dan Emas Putih, Mana yang Lebih Baik?


"Gold ingot"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 15-04-2020

duniatambang.co.id - Di tengah gejolak situasi global seperti saat ini, kepopuleran emas kian menanjak. Meski terkadang terkoreksi, emas dipercaya masih dalam tren bullish dan masih sangat berpeluang untuk terus beranjak naik.

Emas yang sering ditemui di pasaran pada umumnya emas yang berwarna kuning, Namun sebenarnya terdapat pula emas yang berwarna putih. Lalu, apa bedanya antara emas kuning dan putih? Apakah keduanya sama? Simak penjelasan berikut ini:

Emas Kuning

Secara umum emas yang sering ditemui di pasaran adalah emas yang berwarna kuning. Emas kuning merupakan logam yang biasanya dibuat dari campuran 75% emas dengan 25% tembaga dan seng. Emas kuning ini biasanya bisa berbentuk perhiasan maupun dalam bentuk batangan. Sebagai perhiasan, emas kuning cukup digemari karena terkesan mewah dan klasik.

Emas kuning memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, seperti:

Kelebihan Emas Kuning

1. Emas kuning sangat rendah untuk memacu alergi, hal ini dikarenakan emas kuning terbuat dari campuran emas murni dengan tembaga dan zinc.

2. Dari segi harga, emas kuning lebih murah dibandingkan emas putih

3. Emas kuning juga tidak perlu dilapisi ulang seperti emas putih.

Kekurangan Emas Kuning

1. Emas kuning harus dipoles secara berkala untuk mempertahankan kilaunya.

2. Emas kuning lebih lunak dibanding emas putih sehingga lebih mudah tergores.

Emas Putih

Emas putih merupakah salah satu pilihan perhiasan yang cukup digemari bagi sebagian orang. Dahulunya, untuk membuat emas putih sering kali dicampur dengan nikel. Namun, emas putih dengan campuran nikel sangat rentan memacu alergi jika dipakai sebagai perhiasan. Sekarang, Emas putih lebih sering dibuat dari campuran 75% emas dengan 25% perak dan platinum. Terkadang, untuk menambah kilaunya dan memberi kesan mewah, emas putih sering kali dilapisi logam berwarna putih lain seperti rodium. Berikut kelebihan dan kekurangan emas putih:

Kelebihan Emas Putih

1. Lebih kuat dan tahan lama

2. Walaupun lebih kuat dari emas kuning, emas putih tetaplah ringan dan mudah dibentuk

3. Jika tertarik dengan perhiasan berwana putih, emas putih bisa menjadi pilihan karena harganya lebih terjangkau dibandingkan platinum atau titanium.

Kekurangan Emas Putih

1. Emas putih yang mengandung nikel akan memicu reaksi alergi bagi sebagian orang

2. Perlu perawatan agar tetap berkilau seperti memberi lapisan berkala karena kebanyakan emas putih menggunakan lapisan rhodium untuk membuatnya lebih bersinar, namun lapisan rhodium tersebut tetap bisa memudar.

Baik emas kuning maupun emas putih, keduanya bisa menjadi pilihan untuk dijadikan perhiasan. Lantas, emas kuning atau emas putih yang menjadi pilihanmu?

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !