Detail Berita


Adaro Energy Optimis Rampungkan Proyek PLTU BPI Tahun Ini


"Coal Mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 15-04-2020

duniatambang.co.id - PT Adaro Energy Tbk optimis mampu menyelesaikan proyek pembangunan PLTU Bhimasena Power Indonesia (BPI) hingga tahap produksi awal pada tahun ini. Pihaknya memberikan gambaran terakhir tentang progres proyek tersebut yang telah mencapai angka 91,8 persen sesuai dengan laporan perkembangan pada akhir tahun 2019 lalu.

Pihak manajemen perusahaan pun berupaya memenuhi target penyelesaian proyek PLTU yang memiliki kapasitas 2 x 1.000 Megawatt tersebut, seperti yang telah direncanakan yakni selesai pada tahun ini. Target tersebut tentunya terlepas dari sejumlah kendala seperti adanya wabah pandemi Covid-19.

Berdasarkan catatan yang ada, proyek PLTU itu diketahui menghabiskan biaya investasi sebesar 4,2 miliar dolar Amerika. Dengan memilih lokasi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, PLTU itu dioperasionalkan oleh PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) yang merupakan perusahaan hasil kerjasama antara PT Adaro Power, Itochu Corporation, dan Electric Power Development Co.

Untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan proses pembangunan di tengah pandemi saat ini, pihaknya mengaku terus melakukan koordinasi secara intensif dengan tim pelaksana pembangunan yakni, tim kontraktor engineering, procurement and construction atau EPC. Koordinasi yang dilakukan berfokus pada persiapan tindakan-tindakan antisipasi juga rencana berkelanjutan dalam proyek tersebut sebagai bagian dari manajemen risiko, khususnya dalam menghadapi wabah Covid-19.

Meski tidak menjelaskan dengan mendetail, pihak perusahaan meyakini keberadaan proyek PLTU itu nantinya bisa meningkatkan laba dan pendapatan PT Adaro Energy secara keseluruhan.

Untuk pasokan sumber daya dalam operasional sehari-hari nantinya, PLTU BPI akan membutuhkan suplai batubara setidaknya 1 juta ton untuk setiap tahunnya. Pasokan tersebut rencananya akan dipenuhi oleh anak usaha ADRO yang bergerak pada sektor tambang batubara yakni, PT Adaro Indonesia.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !