Detail Berita


Cara Agincourt Atasi Pencemaran Lingkungan di Area Tambang


"Gold mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 15-04-2020

duniatambang.co.id – Kegiatan pertambangan dapat menimbulkan limbah yang dapata mencemari udara, air dan tanah. Tidak mau menutup mata dengan isu-isu pencemaran lingkungan, Agincourt Resource merasa masalah ini memang merupakan tanggung jawab dari perusahaan tambang.

Agincourt akan terus berupaya memberikan jaminan terhadap kelangsungan dan kelestarian lingkungan di sekitar areal tambang. Agincourt pun memberikan gambaran tentang langkah-langkah yang diambil perusahaan untuk selalu dapat menjaga kelestarian lingkungan di sekitar tambang selama ini.

 

Melakukan Riset dan Analisa

Berbeda dengan kegiatan operasional perusahaan pada umumnya, operasional perusahaan tambang pasti akan menghasilkan limbah yang berkategori berbahaya, yang sangat sulit terurai secara alamiah. Pihaknya pun menjelaskan, dengan melihat dampak seperti ini, sebuah perusahaan tambang harus selalu melakukan analisa serta riset mendalam terlebih dahulu, terkait kondisi lingkungan areal tambang dan sekitarnya sebelum melaksanakan kegiatan kerja.

Proses riset dan analisa ini pun membutuhkan kajian yang secara konsisten, tidak hanya sebelum pelaksanaan kegiatan. Jadi kegiatan analisa itu harus terus dilakukan, bahkan setelah perusahaan tidak lagi melakukan kegiatan penambangan.

Monitoring Berkala

Tak hanya melakukan analisa, perusahaan tambang juga harus rutin melakukan pengawasan atau monitoring terhadap apa yang sudah dicanangkan sebagai kegiatan operasional. Tujuan dari hal ini adalah agar sesuai dengan apa yang sudah diagendakan oleh perusahaan terhadap lingkungan areal tambang.

Dengan melakukan monitoring secara berkala ini, perusahaan bisa mengetahui apa saja tindakan yang harus diambil untuk menghindari pencemaran terhadap lingkungan. Sebab jika ada ketidaksesuaian akibat keterlambatan monitoring, maka seluruh progress kerja bisa dihentikan dan tentu hal ini juga akan mengganggu kinerja perusahaan.

 

Mekanisme Pengolahan Limbah

Menurut Agincourt, perusahaan tambang tidak boleh acuh terhadap limbah hasil operasional mereka. Karena limbah tambang adalah salah satu yang berbahaya, dibutuhkan prosedur khusus dalam pengolahannya. Selama ini yang dilakukan Agincourt adalah tidak langsung dikeluarkan dari areal tambang. Akan tetapi harus dilakukan pengendapan terlebih dahulu, lalu diolah dan setelah dianggap tidak berbahaya, baru dikeluarkan dari areal tambang.

 

Melakukan Reklamasi

Reklamasi menjadi sebuah usaha yang paling efektif untuk mengembalikan kelestarian lingkungan yang ditinggalkan oleh perusahaan tambang. Tujuannya, agar lahan bekas tambang itu bisa diolah kembali untuk kegiatan yang memberikan manfaat, dan tidak membahayakan lingkungan sekitar. Menurut Agincourt, penelantaran lahan bekas tambang merupakan tindakan yang sangat membahayakan, khususnya bagi masyarakat sekitar.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !