Detail Berita


Mengenal Ilmenit, Logam Tanah Jarang yang Dijumpai pada Penambangan Timah


"Ilmenit"
Sumber gambar: mineralscollector.com


Tanggal terbit: 14-04-2020

duniatambang.co.id - Ilmenit termasuk logam tanah jarang yang temui pada penambangan timah. Ilmenit merupakan hasil oksidasi mineral titanium-besi yang mempunyai rumus kimia FeTiO3. Mineral ini mempunyai nilai ekonomis dan menarik.

Ilmenit dapat dijumpai dalam batuan beku mafik yang biasanya terkonsentrasi pada lapisan dengan proses magmatic separation. Selain itu, mineral ilmenit juga dapat dijumpai pada batuan pegmatites serta beberapa batuan metamorf dan batuan sedimen yang terbentuk akibat pelapukan erosi batuan.

Dari sisi geologi, penyebaran bijih timah di Indonesia adalah lanjutan dari Granite Belt yang kaya mineral kasiterit. Pada penambangan timah ini, terdapat mineral ikutan salah satunya adalah ilmenit. Ilmenit mempunyai magnetisme lemah berwarna hitamatau abu-abju baja. Dari ilmenit inilah, titanium dapat dihasilkan.

Titanium dapat digunakan sebagai bahan campuran pada pesawat terbang, pipa untuk pembangkit listrik, kapal laut, pelapis baja, dan rudal. Penelitian lain tentang ilmenit dapat dijaidikan sebagai titanium oksida yang dapat diaplikasikan sebagai katalis sehingga bisa mengurangi polutan organik di dalam air. Sejauh ini, ilmenit sebagai mineral ikutan belum optimal pengolahannya.

Untuk membedakan ilmenit degan magnetit dan oksida besi-titanium lainnya adalah ditandai dengan dikelilinginya dengan leukoksen. Jika dilihat dari mikroskop, ilmenit dapat memantulkan pleokroisme dengan jelas dan dapat menampilkan semburat berwarna coklat-merah muda. 

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !