Detail Berita


Emas Kian Perkasa Nyaris Tembus US$ 1.700


"Gold"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 14-04-2020

duniatambang.co.id - Emas merupakan salah satu logam mulia yang pada saat ini cenderung menunjukkan tren naik. Emas memang eksis sejak perang dagang AS-China, lalu berlanjut sentimen pandemi corona yang saat ini menerpa berbagai Negara di dunia.

Pada perdagangan di pasar spot awal pekan ini yaitu pada Senin (13/4) pukul 21.47 WIB emas tembus ke level US$ 1.694,50 per ons troi nyaris US$ 1.700. Emas hingga kini masih berada di level tertinggi sejak Desember 2012 lalu.

Emas memang masih menunjukkan tren kenaikan. Meski terkadang emas terkoreksi, namun analis masih meyakini emas masih akan perkasa. Hal ini sejalan dengan perkembangan situasi global yang masih belum stabil. Selain itu, perkembangan penyebaran pandemi corona sekarang ini mulai berdampak ke berbagai sektor terutama sektor ekonomi. Ketidakpastian ekonomi dan cenderung diprediksi akan mengalami perlambatan justru membuat emas kian perkasa.

Untuk menanggulangi dampak ekonomi, bank-bank sentral dunia telah mengumumkan langkah-langkah dukungan fiskal dan moneter. Seperti yang dilakukan oleh Federal Reserve atau The Fed pada Kamis (9/4) mengumumkan paket stimulus senilai US$ 2,3 triliun untuk menghadapi wabah corona. Jutaan warga Amerika pun telah mengajukan tunjangan pengangguran sebagai dampak dari pandemi ini.

Selain The Fed, Para menteri keuangan Uni Eropa pada Kamis (9/4), menyetujui dukungan untuk ekonomi mereka yang terpukul akibat pandemi virus corona sebesar setengah triliun euro.

Langkah-langkah tersebut diambil demi mengurangi dampak kejatuhan finansial akibat pandemi virus corona ini. Kekhawatiran akan terjadinya resesi pun kembali muncul, hal ini justru menjadi sentimen positif bagi emas. Emas masih dipercaya sebagai aset yang aman ditengah ketidakpastian global. Tentunya hal tersebut membuat emas dapat terus beranjak naik dan kian perkasa.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !