Detail Berita


Buntuti Emas, Begini Analisa Harga Perak Tahun Ini


"Silver"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 14-04-2020

duniatambang.co.id - Harga komoditas perak mencatatkan kenaikan secara perlahan pada pasar spot pada Kamis (09/04/2020) kemarin. Terjadi penguatan sebesar 1,56 persen di angka 15,9 dolar Amerika per ons troi dibandingkan periode sebelumnya yakni pada angka 14,96 dolar Amerika per ons troi.

Dalam beberapa periode sebelumnya, harga perak tercatat mengalami penurunan. Kenaikan harga perak secara global ini juga dipengaruhi oleh kenaikan harga emas dalam beberapa kurun waktu terakhir, karena perak sendiri merupakan produk turunan dari emas.

Kebijakan Stimulus dan Pelemahan Dolar

Memang beberapa hari belakangan harga emas cenderung naik, sebagai buntut dari kebijakan yang dikeluarkan bank sentral dengan memberikan stimulus dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19. Rupanya stimulus tersebut juga diprediksi turut mengerek harga komoditas logam lain khususnya perak. Dan nilainya akan mengalami perubahan secara signifikan jika pihak The Fed benar-benar akan menurunkan nilai suku bunga hingga 0 persen.

Stimulus tersebut pada akhirnya akan menjadikan inflasi, menaikkan jumlah uang kertas yang beredar sehingga masyarakat akan mengalihkan aset kepada emas dan perak. Tak hanya kebijakan stimulus, rupanya pelemahan dolar Amerika juga memiliki andil cukup besar terhadap kenaikan perak ini.

Analisa Pergerakan Harga Perak Mendatang

Analis menyebutkan jika data mengenai pergerakan positif harga perak sangat terbatas. Pihaknya pun memprediksi pada semester II tahun 2020 ini, permintaan pasar global akan komoditas perak akan flat dan cenderung stagnan. Alasan lain terkait kurang bergairahnya harga perak ke depannya, adalah berdasarkan laporan pada April tahun sebelumnya, di mana harganya sempat berada pada angka 19,60 dolar Amerika per ons troi.

Sementara itu jika dilihat pada perkembangan beberapa periode terakhir, harga perak bergerak secara fluktuatif dan malah cenderung mengalami tekanan. Apalagi jika pandemi Covid-19 ini bisa mereda dalam waktu dekat, maka kebijakan stimulus The Fed akan dicabut dan kembali menaikkan suku bunga. Tentu kondisi ini akan semakin membuat harga perak sulit untuk naik.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Ocky PR.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !