Detail Berita


Ini Yang Akan Dilakukan Harum Energy Hadapi Lesunya Pasar Batubara


"Coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 13-04-2020

duniatambang.co.id - Pasar batubara memang belum bergairah. Batubara justru sering kali menunjukkan tren turun dan rentan koreksi. Kurang bergairahnya pasar, membuat sejumlah pengusaha batubara harus menyiapkan sejumlah strategi agar dapat mempertahankan performa perusahaan. Alih-alih dapat bangkit di kuartal I 2020 lalu, batubara kembali diterjang sentimen negatif terkait dengan munculnya pandemi corona yang hingga saat ini masih belum dapat ditekan.

PT Harum Energy Tbk (HRUM) sebagai salah satu pemain dalam industri batubara, kini harus menyiapkan sejumlah langkah agar performa perusahaannya tetap prima. Sebagai informasi, lesunya pasar batubara sejak 2019 lalu juga berdampak pada kinerja HRUM, pendapatan HRUM pada tahun lalu harus merosot sebesar 22,61% yoy menjadi US$ 262,59 juta. Selain pendapatan, laba bersih HRUM juga ikut terkoreksi sebesar 41,82% yoy menjadi US$ 18,50 juta.

Berkaca pada tahun lalu, HRUM pada tahun ini pun tidak mematok target yang muluk-muluk. Dari segi produksi, HRUM pada tahun 2020 ini mematok target sekitar 4 juta ton batubara. Namun, disisi pendapatan dan laba bersih, HRUM belum dapat membeberkan besaran target yang ingin dicapai pada tahun ini. Tahun 2020 memang diproyeksikan masih menjadi tahun yang sulit bagi batubara. Untuk itu, HRUM pun sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi tahun 2020 ini.

HRUM pada tahun ini akan fokus untuk menekan biaya operasional dan beban biaya lainnya. HRUM akan melakukan efisiensi di semua lini, hal ini dilakukan untuk menghadapi berbagai tantangan kedepan. Selain efisiensi, HRUM akan mengoptimalkan kegiatan produksi agar tetap berlangsung dan dapat mencapai target yang telah dipatok.

Ditengah pandemi seperti sekarang ini, HRUM terus mengikuti perkembangan global dan memastikan kegiatan pengiriman batubara ke pasar luar negeri tetap berjalan. HRUM terus aktif mencari peluang market baru bagi batubara miliknya, HRUM membidik pasar ekspor ke Asia Selatan. HRUM berharap pada tahun ini perusahaan dapat menghadapi berbagai tantangan pasar dan menjaga performa agar tetap prima.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !