Detail Berita


Tanpa Buat Lubang Tambang, Kini Bisa Menambang Fosfor dari Air Seni


"Ilustrasi Air Seni"
Sumber gambar: Halodoc.com


Tanggal terbit: 10-04-2020

duniatambang.co.id – Penambangan merupakan kegiatan untuk mendapat bahan galian di dalam tanah. Berbagai jenis bahan galian yang ditambang seperti batubara, batuan, mineral dan lain-lain digunakan untuk kebutuhan hidup manusia.

Namun, bagaimana ya mendapatkan bahan tambang tanpa harus menggali kerak bumi?

Seorang peneliti Bastian Etter menggagas proyek daur ulang air kencing yang bertujuan untuk penghematan sumber daya alam. Proyek ini ia namakan Urin Express untuk mengambil fosfor dan air bersih dari air kencing.

Penelitian membutuhkan tempat penampungan berupa toilet mobil yang di pasang di stadion-stadion dan tempat keramaian umum lainnya. Proyek ini diuji coba di kawasan pemukiman kumuh di Afrika Selatan dan Nepal.

Hasil penelitian Etter, dari 1000 liter air kencing yang dikumpulkan bisa mendapatkan 70 liter pupuk cair dan 930 liter air. Pupuk tersebut bisa langsung digunakan untuk memupuk dan airnya bisa digunakan untuk mengairi lahan pertanian.

Fosfor adalah unsur kimia yang memiliki lambang P dengan nomor atom 15. Fosfor dapat dijumpai dalam batuan fosfat dan semua sel hidup. Kegunaan fosfor yang paling penting adalah untuk pembuatan pupuk, campuran bahan peledak, korek api, pestisida, dan deterjen.

Fosfor sangat berguna bagi makhluk hidup yang didapatkan melalui asupan makanan. Sementara tanaman memperoleh fosfor dari pupuk.

Penelitian lain yang dilakukan di Berlin, Andreas Lengeman pakar teknik pengolahan BWB, berupa pengolahan air dalam skala lebih besar. Air kotor dari warga di ibukota Jerman dibuat instalasi pengolahan air kotor kemudian disaring dan dibersihkan dengan teknologi yang canggih, lalu dialirkan lagi ke perairan terbuka.

Dari penelitian itu, hasil filtrasi mengandung banyak mineral berharga, termasuk fosfor. Menurut Andreas, tambang fosfor dari air kencing dapat menjadi lirikan banyak perusahaan besar karena prospek bisnisnya cukup menjanjikan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !