Detail Berita


Realisasi DMO Batubara Capai 20 Persen pada Kuartal I 2020


"Coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 10-04-2020

duniatambang.co.id - Komoditas batubara merupakan salah satu komoditas tambang yang menjadi andalan Indonesia. Meski saat ini komoditas emas hitam tersebut tengah bergejolak, batubara masih menjadi sumber energi yang dominan digunakan.

Seperti yang diketahui, bahwa pemerintah telah membuat kebijakan untuk adanya Domestic Market Obligation (DMO) sebagai upaya menjamin terpenuhinya kebutuhan batubara di dalam negeri.

Sebagai informasi pada tahun 2020 ini, pemerintah mematok target DMO sebesar 155 juta ton. Pemerintah pun cukup optimis bahwa DMO akan terpenuhi dan targetnya dapat tercapai pada tahun ini meski situasi global sedang tidak menentu ditengah pandemi virus corona atau covid-19 ini.

Baca juga: Harga Terjun Payung, Target Produksi Batubara Bisa Saja Turun

Setelah kuartal I 2020 terlewati, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun mengungkapkan bahwa realisasi Domestic Market Obligation (DMO) secara persentase sudah mencapai 20% hingga penutupan kuartal I 2020 lalu.

Artinya hingga akhir kuartal I 2020, DMO sudah berada diangka 31,53 juta ton. Pemenuhan DMO tersebut mencakup sektor kelistrikan dan non kelistrikan umum. Dari 31,53 juta ton tersebut terdiri dari sektor penyedia energi listik (Perusahaan Listrik Negara) sebesar 25,6 juta ton dan untuk sektor non kelistrikan umum sebesar 5,93 juta ton.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Komunikasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi optimis pemenuhan batubara domestik dapat terpenuhi. Agung pun mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya menjaga permintaan batubara dari berbagai industri di dalam negeri akan dipenuhi pula melalui produksi batubara dalam negeri.

Sejauh ini, industri batubara memang masih dibayangi sentimen negatif dari adanya pandemi virus corona. Oleh karena itu, jika pandemi ini masih terus berlanjut maka diproyeksikan permintaan batubara domestik pun berpeluang untuk turun.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !