Detail Berita


Begini Jadinya Industri Pertambangan Gara-Gara Penyebaran Virus Corona


"Coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 09-04-2020

duniatambang.co.id - World Health Organization (WHO) telah mengumumkan jika Virus Corona (COVID-19) merupakan sebuah wabah pandemi yang sudah menyebar ke seluruh dunia. Kasus COVID-19 per tanggal 9 April telah menginfeksi lebih dari satu juta penduduk dunia. Seluruh sektor industri mengalami perlambatan ekonomi termasuk sektor pertambangan.

Lalu bagaimana dampak penyebaran covid-19 terhadap sektor pertambangan?

1. Produksi Berkurang

Beberapa negara yang melakukan lockdown seperti China, India serta salah satu negara dengan dampak corona terburuk diluar China yaitu Italy melakukan lockdown sesuai dengan instruksi dari pemerintahan negara tersebut. Hal ini berakibat pada berhentinya perusahaan pertambangan di negara tersebut untuk melakukan kegiatan produksi. Produksi yang terhenti akan berakibat pada supply beberapa komoditas mengalami penurunan.

2. Permintaan Menurun

Sektor pertambangan terutama sektor batubara merupakan salah satu sektor komoditas pertambangan yang mengalami dampak terbesar dari adanya pandemik ini. Permintaan yang terbesar biasanya berasal dari China, Korea dan India mengalami penurunan permintaan terutama untuk support kepada Industri mereka.

Virus corona akan berdampak terhadap pertumbuhan permintaan karena pelambatan ekonomi di negara importir batu bara seperti China dan Korea akibat penyebaran virus Corona. Hal ini diakibatkan oleh adanya kebijakan lockdown yang membuat industri di negara tersebut melambat untuk beberapa waktu.

3. Prospek kedepan

Beberapa perusahaan mulai khawatir akan keadaan pasar yang kurang stabil, setelah musim penghujan hampir selesai artinya masuk ke musim panas yang berarti peningkatan produksi namun dengan adanya pandemic ini,akan berakibat pada sektor pertambangan karena tidak adanya kepastian kapan pandemi ini akan berakhir. Hal ini memberikan kewaspadaan pada setiap perusahaan akan masa depan sektor ini kedepanya.

 

Penulis  : Ocky PR.

Editor    : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !