Detail Berita


Semen Baturaja Proyeksikan Akan Alami Penurunan Penjualan Hingga 20 Persen


"Limestone"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 09-04-2020

duniatambang.co.id - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) merupakan emiten pelat merah yang bergerak dalam bisnis industri semen. Di tengah situasi global yang tengah disibukkan dengan penyebaran pandemi virus corona, SMBR nampaknya ikut merasakan dampak negatif dari situasi ini. Pandemi virus corona ini membuat penjualan semen milik SMBR ikut tergerus.

Sebelumnya, SMBR memang terus melakukan review terkait dengan kinerja operasionalnya. Pada periode Februari hingga Maret 2020, penjualan semen SMBR tergerus sebesar 14%. Turunnya penjualan semen SMBR ini terjadi seiring dengan turunnya konsumsi semen di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang notabane merupakan tujuan market utama SMBR.

Penurunan konsumsi semen di Sumbagsel ini merupakan buntut dari pandemi virus corona dan musim hujan pada awal tahun 2020 lalu yang membuat sejumlah proyek akhirnya harus tertunda.

Vice President Corporate Secretary SMBR, Basthony Santri mengatakan bahwa pandemi corona ini memang dapat mengguncang performa SMBR terutama terkait dengan penjualan semen. Bahkan, Basthony pun memproyeksikan bahwa jika penyebaran pandemi ini belum dapat ditangani maka SMBR nantinya dapat mengalami penurunan penjualan semen hingga 20% sepanjang Semester I-2020. Hal ini dapat terjadi jika berkaca dengan performa penjualan pada awal tahun hingga hingga akhir Maret 2020 lalu yang terus mencatatkan penurunan.

Kendati demikian, SMBR tetap optimis untuk menyongsong 2020 ini. SMBR percaya diri tetap akan membukukan pertumbuhan di sepanjang 2020 jika kedepannya dibarengi pula dengan pertumbuhan disektor properti dan infrastruktur. Oleh sebab itu, pihaknya berharap pandemi ini dapat segera berakhir.

Selain menggantungkan harapan ke sektor properti dan infrastruktur, SMBR pun membuka sejumlah opsi sebagai bagian dari strategi menghadapi lesunya pasar semen, seperti opsi untuk mengoptimalkan diversifikasi produk.

SMBR mulai merambah produk turunan semen seperti semen mortar, bata ringan, beton porous dan fibre cement board (FCB). SMBR juga akan giat melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan strategi pemasaran produk miliknya. Tidak berhenti disitu, SMBR akan terus melakukan kontrol biaya dan efisiensi pada semua lini demi menekan beban biaya ditengah situasi tidak menentu seperti sekarang ini.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !