Detail Berita


Harga Terjun Payung, Target Produksi Batubara Bisa Saja Turun


"Coal mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 08-04-2020

duniatambang.co.id – Kementerian ESDM telah menetapkan Harga Batubara Acuan (HBA) untuk bulan April sebesar USD 65,77 per ton.  Harga batubara terkoreksi USD 1,31 per ton dari bulan sebelumnya sebesar USD 67,08 per ton.

Penurunan harga batubara ini membuat Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) memberikan keleluasaan kepada pengusaha batubara untuk melakukan revisi Rencana Kerja dan Anggara Biaya (RKAB) tahun ini.

Harga batubara bulan April merosot disebabkan oleh menurunnya permintaan batubara sebagai imbas dari adanya penyebaran virus corona. Negara tujuan ekspor mengurangi permintaan sehingga terjadi penurunan penjualan batubara dari negara importir.

Selain itu, sejumlah negara yang menerapkan work from home (WFH) berimbas pada penurunan konsumsi listrik sehingga membuat permintaan terhadap batubara menjadi berkurang.

Hal tersebut menjadi pertimbangan pemerintah dalam keputusan untuk mengurangi target produksi. Sejauh ini, operasional perusahaan masih berjalan normal, hanya ditakutkan ke depan akan terjadi gejolak pasar.

Perusahaan masih akan tetap melakukan eksplorasi sesuai dengan rencana-rencana tambang-tambang miliki perusahaan. Perusahaan pun akan tetap meningkatkan keunggulan operasional, efisiensi, dan memikirkan kebijakan strategi kedepannya.

Kementerian ESDM belum melakukan perubahan untuk kebijkaan Domestic Market Obligation (DMO) batubara untuk tahun 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Sri Raharjo. Namun tidak menutup kemungkinan akan dilakukan perubahan menyesuaikan dengan perkembangan industri batubara.

Adapun target DMO batubara tahun ini adalah sebesar 50% yang diperuntukkan kebutuhan kelistrikan dengan harga USD 70 per metrik ton.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

 

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !