Detail Berita


Palladium Logam Mulia Selain Emas, Kenali Kegunaannya di Kehidupan Sehari-hari


"Palladium"
Sumber gambar: sainskimia.com


Tanggal terbit: 08-04-2020

duniatambang.co.id - Palladium merupakan produk hasil dari kegiatan pertambangan. Palladium sendiri adalah logam langka berwarna putih berkilauan serta agak keperakan, dalam tabel periodik palladium memiliki lambang unsur “Pd”.

Palladium juga termasuk dalam kelompok logam mulia seperti halnya dengan emas, perak dan platinum. Palladium memang tidak se-eksis emas, namun palladium juga memiliki segundang kegunaan yang mungkin pernah kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti pada bidang elektronik, kedokteran dan tentunya perhiasaan. Cari tahu contoh penggunaan palladium berikut ini:

1. Sebagai perhiasan

Sama seperti logam mulia lainnya, palladium juga bisa digunakan sebagai perhiasan. Perhiasan yang terbuat dari palladium akan lebih ringan hingga 40% dibandingkan dengan logam lainnnya serta palladium bisa dibentuk dengan pola yang lebih rumit. Palladium juga sering dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk cincin pernikahan loh. Palladium juga tidak memacu alergi sehingga perhiasan dari palladium juga digemari bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif terhadap logam tertentu.

2. Peralatan Listrik

Palladium saat ini sudah sangat banyak digunakan di berbagai peralatan elektronik seperti televisi layar datar (flat screen), ponsel, jam dan komputer. Palladium dibuat dalam bentuk kapasitor keramik multi player kecil.

3. Peralatan Kedokteran

Palladium juga sering kali digunakan pada bidang kedokteran yaitu sebagai bahan pembuatan instrumen bedah. Palladium dipilih karena sifatnya yang juga tahan terhadap korosi.

4. Sebagai pelapis

Palladium juga sering kali digunakan sebagai pelapis seperti pada bidang elektronika yaitu pada elektroda dan fabrikasi kapasitor keramik multilapisan. Palladium bersama dengan nikel juga terkadang digunakan untuk menyepuh konektor dan bahan solder.

5. Komponen Kendaraan

Palladium merupakan salah satu komponen penting dalam konverter katalitik yaitu salah satu komponen yang terdapat dalam sistem pembuangan gas atau emisi kendaraan, terutama dalam kendaraan berbahan bakar bensin dan hibrida.

6. Cracking minyak bumi

Palladium dalam bentuk senyawa juga memiliki peranan penting dalam sektor energi yaitu minyak bumi. Sebagian besar reaksi pembentukan ikatan karbon dalam minyak organik dikatalis dengan senyawa palladium. Palladium dapat berguna sebagai katalis yang mempercepat reaksi dehidrogenasi dan hidrogenasi seperti yang digunakan pada cracking minyak bumi.

Itulah beberapa contoh penggunaan palladium yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Logam mulia yang satu ini dalam kuartal I 2020 mampu menjadi logam mulia termahal.

Bagaimana apakah kamu tertarik dengan palladium?

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !