Detail Berita


Kementerian ESDM: Poin Pokok Permen ESDM Nomor 7 Tahun 2020


"Mining Activity"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 06-04-2020

duniatambang.co.id – Kementerian ESDM telah menerbitkan regulasi terbaru terkait perpanjangan kontrak batubara melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 7 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemberian Wilayah, Perizinan, dan Pelaporan pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca juga: Menteri ESDM Baru Saja Terbitkan Aturan Perpanjangan Kontrak Tambang

Dalam ketentuan pasal 111 Permen ini diperlukan untuk mengatasi permasalahan hukum yang ditimbulkan akibat perubahan kontrak PKP2B menjadi IUPK.

Menurut Pakar Hukum Pertambangan dan Sumber Daya Alam dari Universitas Tarumanegara Ahmad Redi menjelaskan, Permen yang baru diterbitkan oleh Kementerian ESDM ini bertentangan dengan UU Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Mineral dan Batubara. Revisi UU Minerba ini belum kunjung selesai hingga saat ini yang seharusnya menjadi referensi untuk pembuatan Permen.

Pihak ESDM mengkorfirmasikan, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi menyatakan, Ketentuan pasal 111 Permen ESDM Nomor 7 Tahun 2020 bukan merupakan dasar untuk pemberian perpanjangan kontrak usaha tambang batubara dalam bentuk Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Agung menambahkan, bahwa ketentuan ini hanya memuat kebijakan teknis yang kaitannya dengan penetapan SK IUPK nantinya.

Kementerian ESDM memastikan untuk penerbitan IUPK tidak dengan hanya berdasarkan Permen ESDM Nomor 7 Tahun 2020 yang baru saja diterbitkan ini. Pemerintah tetap akan merujuk dari Ketentuan UU Minerba dan peraturan yang dimuat sebelumnya.

Penerbitan Permen ini ditujukan untuk memberikan kepastian hukum, kepastian usaha, penyederhanaan birokrasi dan perizinan, dan mendorong pengembangan usaha mineral dan batubara yang ada di Indonesia.

Agung pun mengatakan, bahwa saat ini Kementerian ESDM tengah mempersiapkan sejumlah peraturan perundang-undangan dalam bentuk RUU dan RPP, RUU Minerba, dan RUU Cipta Kerja.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !