Detail Berita


Tertarik Dengan Emas? Kenali Jenis Investasi Emas Berikut Ini


"Fine Gold"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 06-04-2020

duniatambang.co.id - Emas merupakan salah satu produk hasil dari kegiatan pertambangan. Keberadaan emas sering kali digunakan untuk kegiatan investasi. Hal tersebut dikarenakan emas merupakan salah satu bagian dari asset safe havens. Terlebih ditengah situasi global seperti sekarang ini, emas memang bergerak sangat dinamis namun cenderung menunjukkan kenaikan. Oleh sebab itu, kilau emas kini memiliki daya tarik yang cukup menggiurkan.

Tertarik dengan emas? Kenali jenis emas berikut untuk pilihan investasi:

1. Emas Perhiasan

Emas memang sering kali dikenal sebagai perhiasan yang bisa mempercantik penampilan. Namun, siapa sangka emas perhiasan juga memiliki profit sebagai investasi. Kendati demikian, Emas perhiasan kurang tepat jika dijadikan pilihan investasi jangka pendek. Emas perhiasan akan lebih memberi keuntungan untuk investasi jangka panjang karena harga emas bisa naik berkali-kali lipat. Selain itu, pilihlah emas perhiasan 24 karat karena kemungkinan keuntungannya akan jauh lebih besar.

2. Emas Batangan

Emas batangan atau yang biasa disebut dengan emas logam mulia menjadi salah satu pilihan investasi emas yang paling baik dan paling aman. Emas batangan akan lebih mudah untuk dijual dan lebih menjanjikan sebagai pilihan investasi dibandingkan dengan emas perhiasan.

3. Koin Emas

Investasi koin emas tidak jauh berbeda dengan jenis investasi emas lainnya karena aman terhadap inflasi. Beberapa jenis koin yang bisa dipilih adalah koin emas kuno dan koin emas mata uang. Indonesia mengenal koin emas dinar (PT Antam) dan Ongkos Naik Haji (ONH). Meski makin diminati, sebelum melakukan investasi ini kamu harus memahami pajak pertambahan nilai (PPN) yang berlaku.

4. Sertifikat Emas

Jika kamu berminat untuk berinvestasi emas, kamu harus tahu bahwa investasi emas tidak selalu dalam bentuk fisik, bisa juga berbentuk sertifikat emas. Sertifikat Emas merupakan selembar kertas yang menjadi bukti kepemilikan atas emas yang tersimpan di bank pada suatu negara. Jika kamu memilih investasi sertifikat emas, kamu tidak perlu membayar biaya penyimpanan di safe deposit box yang ada di bank, tidak seperti jika kita berinvestasi emas fisik yang dikenakan biaya penyimpanan.

5. Saham Perusahaan Pertambangan Emas

Selain emas dalam bentuk fisik maupun sertifikat, investasi juga bisa berupa saham dalam perusahaan emas. Meski menguntungkan, sebaiknya tetap berhati-hati karena risiko investasi saham ini tetap ada.

6. Kontrak Emas Berjangka 

Emas dapat diperjualbelikan sebagai komoditas di pasar perdagangan berjangka (futures trading). Seseorang tidak perlu memegang fisik emas, tetapi hanya perlu memiliki bukti administrasi kepemilikan.

7. Reksa Dana Emas

Reksa Dana Emas merupakan alternatif investasi emas. Reksa Dana Emas tidak hanya ditanamkan pada perdagangan emas fisik, namun juga dilibatkan dalam transaksi saham perusahaan pertambangan emas.

Itulah beberapa contoh jenis investasi yang berkaitan dengan emas. Sebelum memutuskan ingin melakukan investasi, ada baiknya untuk mencari tahu informasi terkait pilihan investasi secara detail. Lalu, apakah kamu tertarik berinvestasi emas?

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !